Kami tidak akan lengah kemudian memberi ruang gerak leluasa kepada para striker lawan. Kami harus melapis pertahanan serapat mungkin
Madrid (ANTARA News) - Berjuluk sebagai El Clasico, dua raksasa sepak bola negeri Matador mengguncang relung hati dunia dan mengguntur lekuk nurani pecinta sepak bola sejagat mengenai makna menjadi juara, bukan sekedar "menjadi sosok, menjadi kelompok" yang membebek kepada kehendak mereka yang empunya kuasa masa lampau.

El Clasico adalah duel sekarang berlaku sekarang, dan masa lampau tinggal menanti saat saatnya tiba di mahkamah revolusi mental.   

Ini revolusi mental, Bung? Silakan menyingkirkan pertemanan dan perkoncoan. Ini duel Real Madrid dengan Barcelona yang terpampang di hamparan kaca hati pemirsa di bawah kubah La Liga.

Real Madrid menjamu Barcelona dalam gelaran partai el clasico ke-169 yang digelar di Santiago Bernabeu pada Sabtu malam, pukul 23.00 WIB. Pertandingan ini dapat diikuti lewat tayangan RCTI.

El Clasico tidak mengenai perkoncoan dan pertemanan, karena rivalitas merupakan kata kunci bagi Real Madrid dan Barcelona.

Kedua raksasa sepak bola Spanyol itu kini menyajikan hidangan terlezat di pinggan jamuan makan penggila bola sedunia. Kedua tim sama-sama memiliki para pemain yang gemerlap di cakrawala semesta bola. Kini, sejaran siap-siap dengan tinta emas mencatat siapa tim digdaya.

Bocah "ajaib" Luis Suarez menyita perhatian. Apakah kali ini ia akan diturunkan pelatih Barcelona, Luis Enrique, lantaran empat bulan lalu ia menggigit pemain timnas Italia Giorgio Chiellini ketika turun bertanding di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil?

Enrique tanpar ragu menegaskan bahwa mantan pemain Liverpool itu bakal memulai debut bersama rekan-rekannya siap merangsek pertahanan Real Madrid. Kalau saja skenario ini berjalan mulus, maka tritunggal Suarez, Messi, Neymar bukan tidak mungkin menjadi pekerjaan rumah ekstra njlimet bagi pelatih Carlo Ancelotti.

Dan Messi serta merta bereaksi positif bila bertandem untuk kali pertama dengan pemain timnas Uruguay itu. "Kami bersemangat bila saja Luis bermain karena ia bakal menambah kekuatan penampilan tim ini. Saya senang saja bila ia bisa turun bertanding, karena ia punya segudang pengalaman."

Messi tidak sedang bermimpi. El Clasico adalah perjalanan dan pertarungan perjalanan sejarah yang mengandalkan duel sarat persaingan. Messi telah melesakkan 21 gol selama ia ikut berperan di gelaran El Clasico.

Hitung-hitungan kalkulasi sejarah, Real Madrid pernah meraup kemenangan terbesar melawan Barcelona dengan skor mencolok 8-2 pada Februari 1935. Sementara, skuad Barcelona meraih kemenangan besar melawan Real Madrid dengan skor 7-2 pada September 1950.

Barcelona mengandalkan Messi, sementara Real Madrid mengandalkan Cristiano Ronaldo. Kalau saja Messi mampu mencetak satu gol dalam laga ini, maka ia menyamai rekor yang dicapai Telmo Zarra dengan raihan 251 gol dalam sejarah sepak bola Spanyol.

Ronaldo telah mengemas 15 gol dalam tujuh laga La Liga di musim ini. Ia terus dihadap-hadapan dengan Messi sebagai dua bintang sepak bola yang tiada henti berkompetisi. Baik Ronaldo dan Messi sama-sama pernah dan siap mencetak gol selama penyelenggaraan El Clasico.

"Laga yang sulit manakala melawan Barcelona," kata Ronaldo. "Saya tidak semata bermain dan bertanding menghadapi Messi. Saya ingin dan akan berlaga melawan Barcelona. Mereka tim yang besar. Real Madrid dan Barcelona sama-sama mampu tampil baik."

Selain Messi dan Ronaldo, duel El Clasico kali ini memanggungkan pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014 lalu, James Rodriguz. Pemain ini rekrutan termahal Real musim ini yang diboyong dari Monaco.

Ronaldo tentu saja siap menebar inspirasi bagi timnya, karena di seberang sana tersemat penghargaan Ballon d'Or, lantaran pemain asal Portugal itu telah mengoleksi 21 gol selama musim ini. Hanya saja, Madrid bakal tampil tanpa Gareth Bale dalam duel El Clasico karena pemain asal Wales ini masih belum puluh benar dari cedera pangkal paha.

Komentar dua pelatih:

*Carlo Ancelotti (Real Madrid):
"Tidak ada laga yang berkualitas seperti pertandingan ini. Dan saya menaruh hormat kepada Luis Enrique. Jika seorang beranggapan bahwa saya coba menebar ancaman kepada dia, maka mereka berbuat kekeliruan."

* Luis Enrique (Barcelona):
"Saya sedang berpikir keras menyiapkan pertandingan ini, dan saya siap menurunkan susunan pemain yang mengagetkan. Menyiapkan laga Clasico, justru sangat mudah karena kami sudah mengetahui lawan. Kami harus berusaha semaksimal mungkin, baik dalam bertahan maupun menyerang."

"Kami tidak akan lengah kemudian memberi ruang gerak leluasa kepada para striker lawan. Kami harus melapis pertahanan serapat mungkin."    
 
Data fakta, dan prediksi laga:

* Kalau saja Suarez turun  memperkuat Barcelona, maka ia mengakhiri hukuman selama empat bulan karena menggigit Chiellini. Pemain asal Uruguay ini akan menggantikan posisi Pedro. Enrique menaruh perhatian kepada duet Messi dan Neymar. Kehadiran Suarez menjadi salah salah satu prioritas pelatih Barcelona ini.

* Javier Mascherano bakal diturunkan di posisi gelandang, lantaran ia tampil mengesankan selama musim ini, dan Sergio Busquet siap turun. Enrique besar kemungkinan memperkuat lini pertahanan dengan mendorong ke belakang sejumlah pemain Spanyol yang selama ini menempati posisi sebagai gelandang.

* Bale absen, dan Ancelotti bakal memutar otak meracik strategi. Pelatih asal Italia ini bakal mencari pemain pengganti yang punya kemampuan sepadan dengan pemain asal Wales itu. Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan James Rodriguez menguji pertahanan Barcelona.

* Messi telah mencetak 250 gol dalam 285 laga. Ia tertantang dapat mencetak 21 gol dalam 28 laga El Clasico. Sementara, Ronaldo telah mengemas 15 gol dalam tujuh laga La Liga musim ini. Catatan rekor pemain asal Portugal ini terbilang oke di La Liga.

* Real Madrid telah mengemas 91 gol dalam 227 duel El Clasico. Barcelona menang sebanyak 88 kali, dan 48 kali kedua tim meraih hasil imbang.
 
Prakiraan susunan pemain:

* Real Madrid (4-4-2):
Casillas (penjaga gawang); Carvajal, Sergio Ramos, Pepe, Marcelo; Isco, Kroos, Modric, Rodriguez; Ronaldo, Benzema.
Absen: Bale (cedera pangkal paha).

* Barcelona (4-3-3):
Claudio Bravo (penjaga gawang); Alves, Mathieu, Pique, Alba; Mascherano, Xavi, Iniesta; Neymar, Messi, Suarez.

Wasit: G Manzano
 
 Lima laga terakhir:

* Real Madrid:  W W W W W  (W=menang)

22/10/14   Liverpool FC 0 - 3 Real Madrid
18/10/14   Levante  0 - 5 Real Madrid
5/10/14    Real Madrid  5 - 0 Athletic Club Bilbao
1/10/14    Ludogorets 1947   1 - 2  Real Madrid
27/9/14    Villarreal  0 - 2  Real Madrid Club

* Barcelona: W W W L W (W: menang; L: kalah)

21/10/14  FC Barcelona 3 - 1  Ajax
18/10/14  FC Barcelona 3 - 0 Eibar EIB
 4/1014   Rayo Vallecano 0 - 2 FC Barcelona
30/9/14   Paris Saint-Germain  3 - 2 FC Barcelona
27/9/14   Barcelona FCB 6 - 0 Granada

Head To Head:

16/4/14   FC Barcelona 1 - 2 Real Madrid
23/3/14   Real Madrid  3 - 4  FC Barcelona
26/10/13  FC Barcelona  2 - 1  Real Madrid
  2/3/13   Real Madrid   2 - 1  FC Barcelona
26/2/14   FC Barcelona 1 - 3  Real Madrid

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Real Madrid 3 - 1 Barcelona FCB
* Real Madrid 1 - 3 FC Barcelona
* Real Madrid 2 - 1 FC Barcelona FCB

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Real Madrid: 3
* Barcelona: 1


Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014