Medan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menetapkan Hutan Kota Taman Beringin sebagai simbol jalinan persahabatan antara Kota Medan dengan Amerika Serikat (AS).

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Sabtu, mengatakan bahwa simbol persahatan tersebut sebagai salah satu makna pokok persahabatan, yang juga ditandai dengan penandatanganan prasasti Taman Persahabatan AS dengan Kota Medan.

"Saya mengucapkan selamat atas kunjungan para awak Kapal USS Davis, serta Atase Angkatan Laut AS untuk Indonesia, mudah-mudahan tamu kami mndapatkan kesan dan rasa aman, nyaman selama tinggal di Kota Medan, seperti negara atau kota sendiri di Amerika Serikat," katanya.

Ia mengemukakan, hubungan antarkota dan antarnegara, baik secara bilateral maupun multilateral, sangat mempengaruhi berbagai keberhasilan dalam membangun daerah.

Bahkan, ia menilai, dalam kecendrungan globalisasi saat ini kota-kota yang mampu mengembangkan kerja sama antarkota secara regional di berbagai bidang dipercaya akan mampu memanfaatkan berbagai peluang ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal inilah, dikatakannya, yang mendorong Kota Medan untuk terus membangun persahabatan dengan kota-kota yang ada secara regional dalam bentuk kota kembar (sister city).

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat tidak terlampau lam lagi kami harapkan Kota Medan juga bisa mendapatkan saudara baru dari Kota di Amereka Serikat sebagai mana yang sudah digagas dengan Kota Milwaukee," katanya.

Menurut dia, selain kerja sama ekonomi dan perdagangan, maka kemitraan kebudayaan diharapkan dapat terus ditingkatkan dengan kota-kota regional pada masa datang.

Konsul AS untuk Sumatera Utara Y. Robert Ewing dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa bangga dan senang rombongan dari negaranya dapat berkunjung di Kota Medan, dan berharap taman itu nantinya sebagai tempat berkumpul warga AS dengan warga Kota Medan.

Rombongan AS yang datang ke Medan, antara lain Atasae Militer Angkatan Laut AS dan 200 awak Kapal USS David, yang sedang latihan bersama dengan Angkatan Laut Republik Indonesia guna meningkatkan pertahanan maritim.

"Kami merasa bangga menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kota Medan, melakukan aksi gotong royong bersama membersihkan taman ini, dan hari ini ditanda tangani Taman Persahabatan antara Amerika dan Kota Medan untuk memperkuat persahabatan," katanya. (*)

Pewarta: Juraidi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014