Jayapura (ANTARA News) - Tuan rumah Persipura Jayapura berhasil mengalahkan tamunya Semen Padang dengan skor tipis 1-0 dalam laga delapan besar Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Mandala, Kota Jayapuran, Papua, Sabtu sore.

Gol kemenangan tim berjuluk "Mutiara Hitam" itu dilesakkan oleh kapten tim Boaz TE Salossa di menit 61 setelah menerima umpang silang dari Ian Louis Kabes di sisi kiri pertahan Semen Padang.

Boaz yang musim ini tidak segarang musim lalu dalam membukukan gol karena sering berkutat dengan cidera kakinya itu, berhasil mengecoh tiga pemain bertahan "Kabau Sirah" dan melepaskan tendangan ke dalam gawang yang gagal dihalau kiper Fahrul Rozi.

Gol tersebut sontak saja diapresiasi oleh pemain-pemain Persipura dan penonton di Stadion Mandala karena lebih dari 60 menit lamanya skuat asuhan Jafri Sastra mampu menahan serangan tim yang sementara ini diasuh oleh empat asisten pelatih Mettu Dwaramuir, Oswaldo Lessa, Fabio Tepedinho dan Chrisleo Yarangga setelah Jacksen F Tiago tidak menampakkan mukanya belakangan ini di Jayapura.

Usai cetak gol, Boaz juga sempat berlari ke pinggir lapangan dan merayakannya dengan memasukan si "kulit bundar" ke kaosnya sambil melihat ke tribun VIP, di mana istrinya dan anak-anaknya menyaksikan aksinya mencetak gol.

Pada babak pertama, Persipura dan Semen Padang bermain lambat, kedua tim terlihat saling membaca kekuatan masing-masing.

Peluang tim tamu lewat kaki Nur Iskandar, Osas Saha dan Ezteban Vizcara juga beberapa kali mengancam gawang Persipura yang dikawal kiper Yoo Jae Hoon, namun belum mampu menjadikan gol.

Begitu juga, serangan Persipura yang coba dibangun Robertino Pugliara yang membantu Boaz dan Ian Louis Kabes yang diplot sebagai striker, belum mampu menembus pertahanan tim lawan.

Di babak kedua, laga baru berjalan satu menit, Gerald Pangkali berhasil menggetarkan jala gawang tim tamu, hanya saja oleh wasit Oki Dwi Putra asal Bandung dianulir, karena mantan pemain Persija Jakarta itu terlebih dahulu terperangkap jebakan "of side".

Pada menit 49, tim tamu menarik Jajang Paliaman dan memasukkan Hendra Adi Bayau dengan harapan serangan tim asuhan Jafri Sastra bisa mencetak gol.

Masuknya Hendra Adi Bayau, terbukti serangan Semen Padang makin garang, umpan satu dua yang diperagakan Osas Saha, Ezteban dan Hendra berhasil membuat lini belakang Persipura ketar-ketir.

Terbukti Hendra berhasil melepaskan tendangan kearah gawang di menit 57 namun berhasil ditangkap dengan sempurna oleh kiper Yoo.

Berselang tiga menit kemudian, pemain tengah Semen Padang Rudi mendapatkan kesempatan, hanya saja tendangan pemain bernomor punggung tujuh itu masih meninggi diatas mistar gawang Persipura.

Setelah asyik menyerang, gantian tim tuan rumah menyusur kiri pertahanan Semen Padang lewat kaki Ian Louis Kabes, satu dua gocekan mantan pemain timnas U-23 itu berhasil melepaskan umpang silang ke Boaz yang dikawal tiga pemain belakang.

Umpang tersebut berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh kapten tim Boaz TE Salossa di menit 61.

Gol ini bertahan hingga laga usai, namun sebelumnya di menit 81 Osas Saha yang berhasil lepas dari pengawalan Yohanis Tjoe dan Fandri Imbiri dilini belakang Persipura gagal menkonversi peluang emas kala berhadapan dengan kiper Yoo.

Usai laga untuk kemenangan tim tuan rumah, Pelatih Semen Padang Jafri Sastra mengatakan timnya sudah bermain baik, hanya saja kecapaian dengan perjalanan panjang dari laga sebelumnya.

"Anak-anak sudah main bagus, Persipura lah yang memanfaatkan peluang emas sehingga bisa cetak gol. Sementara peluang emas Osas Saha di menit 81 karena kurang fokus," katanya.

Sementara itu, Asisten pelatih Persipura Mettu Dwaramuri memberikan apresiasi kepada Boaz TE Salossa dan kawan-kawan yang berhasil membukukan poin untuk menjaga peluang ke babak selanjutnya.

"Terima kasih untuk pemain dan pendukung Persipura. Ini hasil kerja keras semua pihak," katanya. (*)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014