Madrid (ANTARA News) - Debut Luis Suarez untuk Barcelona berakhir dengan kekalahan ketika Real Madrid memangkas selisih dengan pemuncak klasemen Liga Spanyol itu menjadi hanya satu angka saat mereka datang dari belakang untuk memenangi El Clasico 3-1 pada Sabtu (25/10) berkat gol Cristiano Ronaldo, Pepe, dan Karim Benzema.

Pada permainan pertamanya dalam pertandingan kompetitif sejak mendapat skors empat bulan karena menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia, Suarez memberi assist untuk dituntaskan Neymar menjadi gol pembuka saat pertandingan baru berlangsung tiga menit.

Namun Real merespons selayaknya juara Eropa ketika Ronaldo menyamakan kedudukan dari titik penalti sebelum gol-gol di babak kedua yang diciptakan oleh Pepe dan Benzema memberi mereka kemenangan kesembilan berturut-turut di semua kompetisi.

"Saya sangat gembira dapat kembali bermain, merupakan kelegaan besar untuk punya waktu seperti ini," kata Suarez, yang digantikan pada menit ke-68.

"Ini perasaan yang pahit-manis karena hasilnya namun tim ini telah mengangkat diri sendiri beberapa kali sebelumnya," katanya seperti dilansir kantor berita AFP.

Bos Barca Luis Enrique menegaskan ia tidak menyesali keputusannya menurunkan pemain Uruguay itu pada awal pertandingan.

"Saya sama sekali tidak menyesalinya," kata Enrique.

"Ia melakukan lebih dari yang saya harapkan. Ia bermain lebih banyak dan dengan irama. Kami mengeluarkannya karena sangat sulit untuk bermain selama 90 menit setelah sekian lama absen," katanya.

Sementara pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memuji reaksi tim setelah gawang mereka kemasukan bola.

"Kami tidak kehilangan ketenangan setelah kemasukan gol," ucapnya.

"Saya menyukai banyak hal tentang tim ini, di atas segalanya adalah tempo tinggi yang kami mainkan. Tim pulih dengan baik dengan hanya dua hari beristirahat setelah Rabu dan bermain dengan sangat baik."

Suarez membuktikan nilainya dalam waktu tiga menit, ketika umpan silangnya disambut Neymar, yang mengecoh Dani Carvajal dan Pepe sebelum menggulirkan bola ke sudut gawang menjadi gol ke-11nya dalam 11 pertandingan musim ini.

Gol itu memicu kebangkitan Real ketika Benzema gagal mencetak gol dari sudut sempit karena dia mendapat tekanan Claudio Bravo sebelum pemain Prancis itu melepaskan sundulan yang membentur mistar gawang dari umpan silang Ronaldo.

Baik Messi dan Neymar mendapatkan kartu kuning akibat pelanggarannya terhadap Toni Kroos dan Carvajal, ketika tuan rumah meningkatkan tekanan untuk mencari gol penyama kedudukan.

Namun mereka berterima kasih kepada kapten Iker Casillas pada pertengahan pertandingan ketika ia menggagalkan upaya Lionel Messi menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Spanyol dari umpan silang Suarez.

Saat Barca terlihat berupaya meredam tekanan Real, mereka memberi peluang bagi tuan rumah untuk menyamakan kedudukan saat umpan silang mendatar Marcelo mengenai tangan Gerard Pique di dalam kotak penalti.

Ronaldo masuk dan dengan percaya diri memasukkan bola ke gawang lewat penalti serta menjadi pemain pertama yang mencetak gol ke gawang Barcelona dari sembilan pertandingan liga musim ini.

Tuan rumah bahkan berpeluang menutup babak pertama dengan keunggulan ketika tandukan James Rodriguez dari umpan silang Marcelo masih melebar.

Pemain asuhan Carlo Ancelotti hanya butuh lima menit untuk membalikkan keadaan ketika tendangan sudut Kroos disundul Pepe dan tidak dapat dihentikan oleh Bravo.
   
Barca beberapa kali membuka pertahanan Real ketika Suarez menggulirkan bola setelah melewati Sergio Ramos di kotak penalti, sebelum Ramos melakukan upaya terakhir untuk mencegah Messi menyambar umpan Neymar.

Casillas kemudian kembali melakukan penyelamatan untuk menggagalkan sepakan Jeremy Mathieu.

Meski demikian, dalam upaya mereka mencari gol penyama kedudukan, gawang Barca justru kemasukan bola ketika Isco, Ronaldo, dan Rodriguez bekerja sama untuk memberi umpan kepada Benzema yang mencetak gol ketujuhnya di El Clasico.

Debut Suarez berakhir preamatur ketika ia digantikan Pedro Rodriguez, dan masalah tim tamu bertambah ketika Andres Iniesta yang cedera harus digantikan oleh Sergi Roberto.

Real menguasai permainan pada 20 menit terakhir dan memberikan kekalahan perdana di liga bagi Barca pada musim ini. (Uu.H-RF)        



Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014