Kupang (ANTARA News) - Pengamat ekonomi makro dari Universitas Widya Mandira Kupang Dr Thomas Ola Langoday mengatakan jelang pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang direncanakan Minggu petang di Istana Negara pasar nasional stabil.

"Menjelang pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kondisi sistem keuangan dalam kondisi stabil dan tidak terpengaruh dengan perkembangan politik dalam negeri seperti delay atau penundaan perkenalan nama-nama calon menteri," katanya di Kupang, Minggu.

Stabilitas pasar menurut Thomas tergambar dari pergerakan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing terutama terhadap Dolar AS dan mata uang asing lainnya, serta harga kebutuhan pokok lainnya yang beredar di pasaran tradisional dan modern

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Widaya Mandira Kupang itu juga mengatakan, meskipun pasar masih stabil dan tidak gusar, pemerintah atau pengambil kebijakan strategis harus komitmen untuk menindaklanjuti rencana yang belum terealisir agar tidak menimbulkan gejolak.

"Kita berharap masalah pasar dan perekonomian nasional yang saat ini dihadapi hanyalah masalah keterbatasan likuiditas. Dan jangan merambat ke sektor-sektor riil lainnya yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak karena bisa saja menimbulkan gejolak besar," katanya.

Dia menyebut pada 2014 likuiditas dalam perekonomian turun antara lain karena kondisi fiskal yang tidak membaik dan terindikasi melalui transaksi terendah dalam penyaluran dana transfer ke daerah.

Pewarta: Hironimus Bifel
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014