Pekalongan (ANTARA News) - Sejumlah wilayah desa di empat kecamatan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kini kesulitan air bersih selama memasuki musim kemarau 2014.

Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Arifin di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa untuk mengatasi kesulitan air bersih, pemkab melakukan droping air untuk memenuhi kebutuhan air di masyarakat.

"Setiap hari, kami akan menyalurkan air bersih ke sejumlah wilayah di empat kecamatan untuk membantu kebutuhan masyarakat terhadap air," katanya.

Sebanyak empat kecamatan yang mengalami kekurangan air bersih itu, kata dia, yaitu Sragi, Bojong, Kesesi, dan Siwalan.

"Droping air bersih ini, kami lakukan setiap harinya dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap desa," katanya.

Ia mengatakan pemkab siap mendroping air bersih jika ada permintaan masyarakat yang membutuhkan air untuk memassal dan minum.

"Hanya saja, kami mengalami kendala penyaluran air bersih karena masyarakat banyak yang tidak memiliki tempat penampungan air," katanya.

Warga Kesesi, Triyono mengatakan masyarakat merasa terbantu dengan adanya penyaluran air bersih dari pemkab karena banyak sumur milik warga yang sudah mulai mengering.

"Selama ini, warga terkadang harus membeli air bersih atau mencari sumber mata air untuk memasak, minum, dan mandi. Akan tetapi, dengan adanya bantuan air bersih dari pemkab maka kami merasa terbantu," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014