Jakarta (ANTARA News) - Rini Soemarno ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) pada pengumuman Kabinet Kerja periode 2014-2019 di Istana Merdeka Jakarta, Minggu.

Perempuan yang pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada era Megawati Soekarnoputri ini menggantikan Dahlan Iskan yang mengisis posisi ini pada era Susilo Bambang Yudhoyono periode 2009-2014.

Rini yang lahir di Maryland, Amerika Serikat pada 9 Juni 1958 itu sebelumnya dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Tim Transisi pada masa kampanye dengan bantuan empat deputi, yakni Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan dan Akbar Faisal.

Mengutip berbagai sumber, ibu dari tiga orang anak ini pernah menjabat sebagai Presiden Dirur PT. Semesta Citra Motorindo, Presiden Direktur PT. Astrea Internasional, Presiden Komisaris PT. Semesta Citra Motorindo, Komisaris PT. Agrakom dan lainnya.

Ia juga pernah menjadi Wakil Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasionl (BPPN), Jakarta pada 1998.

Rini yang menyelesaikan pendidikan sarjana pada Fakultas Ekonomi, Wellesly College Massachusetts, Amerika Serikat pada 1981 itu turut terlibat sebagai Ketua Yayasan Dharma Bhakti Astra, Penasihat Ahli Keuangan Koperasi Pegawai Negeri, khususnya pada Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Selain itu, dia juga pernah mendapat penghargaan Pemimpin Puncak Terpuji pada 1995 dari Majalah Swa Sembada.




Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014