Sepang (ANTARA News) - Pebalap yang baru menyabet gelar juara dunia Marc Marquez memecahkan rekor lainnya dengan mencatatkan kemenangan ke-12nya musim ini di Grand Prix Malaysia yang berlangsung pada Minggu.

Pebalap Honda asal Spanyol itu diikuti oleh dua pebalap Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Marquez, yang menyelesaikan balap di Sepang dengan catatan waktu 40 menit 45,523 detik, sekarang telah menyamai rekor 12 kemenangan dalam semusim yang sebelumnya digenggam oleh Mick Doohan asal Australia.

Pebalap favorit penonton Rossi, yang sempat memimpin jalannya balap setelah menyalip Lorenzo, finis dengan catatan waktu lebih lambat 2,445 detik dari Marquez dan menduduki peringkat kedua.

Lorenzo, yang memulai balap dari posisi ketiga dan melarikan diri dari kerumunan pebalap dengan kecepatan yang mengagumkan, tidak dapat memelihara momentum, sehingga hanya finis di peringkat ketiga, tertinggal 3,508 detik dari rekan senegaranya, yang start dari posisi terdepan.

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, yang memenangi Grand Prix Malaysia dalam dua tahun terakhir, sempat tertinggal akibat terjatuh saat berupaya menyalip Lorenzo.

Pebalap Spanyol itu, yang start dari posisi kedua, kembali mengalami masalah mesin pada fase akhir balap dan tidak dapat menyelesaikan balap.

Ketiga pebalap teratas itu diikuti - setelah terjadi selisih lebih dari 21 detik dari para penghuni podium - oleh pebalap Jerman Stefan Bradl yang mengendarai Honda dan pebalap Inggris Raya Bradley Smith yang membela Yamaha Tech 3.

Pebalap Yamaha Tech 3 asal Spanyol Pol Espargaro menduduki peringkat keenam meski mengalami patah tulang pada kaki kirinya, akibat terjatuh saat berlatih pada Sabtu.

Legenda Italia Rossi, yang telah memenangi tujuh gelar kelas dunia, sekarang mengoleksi 275 angka di klasemen, hanya unggul 12 angka atas juara dunia dua kali Lorenzo.

Dengan deimikian maka pertarungan untuk memperebutkan posisi runner up akan berlanjut sampai balap mendatang sekaligus balap terakhir - di Valencia, di mana Marquez akan berupaya untuk melampui rekor 12 kemenangan dalam semusim.

Pebalap 21 tahun itu, yang sempat terjatuh di Grand Prix Australia pada akhir pekan silam, telah mengunci gelar juara dunia dua pekan silam di Jepang.

Pada tahun lalu Marquez menjadi juara termuda di kancah MotoGP, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014