London (ANTARA News) - Newcastle United menjungkalkan tuan rumah Tottenham Hotspur dengan skor 2-1 di kandang mereka di White Hart Lane, London, Minggu.

Dua pemain pengganti, Shola Ameobi dan Remy Cabella, pantas mendapat sorotan utama berkat perannya atas dua gol kemenangan Newcastle.

Kemenangan ini didapat setelah Newcastle sempat tertinggal lebih dulu, setelah penyerang Emmanuel Adebayor membawa Spurs unggul lebih dulu lewat golnya pada menit 18.

Beberapa kali berpeluang menambah gol, Spurs harus puas dengan keunggulan 1-0 saat menutup babak pertama.

Namun Spurs tak menyadari Newcastle justru tengah menyiapkan rencana membalikkan keadaan. Penyerang gaek Shola Ameobi, dimasukkan saat kedua tim bersiap memulai babak kedua.

Begitu tendangan pertama babak kedua disepak para pemain Newcastle, Ameobi segera berlari ke dalam kotak penalti untuk menyambut bola umpan Jack Colback yang menyadari kelengahan bek kanan Spurs Eric Dier.

Sepakan pertama Ameobi dalam laga tersebut berhasil menaklukkan penjaga gawang Hugo Lloris, sekaligus membuat keadaan imbang 1-1, hanya dalam waktu enam detik setelah peluit tanda babak kedua dibunyikan wasit Anthony Taylor.

Petaka bagi Spurs belum usai, bukan hanya berhasil menyamakan skor, Newcastle bahkan merebut keunggulan saat gol dari Ayoze Perez tercipta pada menit 58.

Gol perdana Ayoze untuk Newcastle itu tercipta saat ia menyambut umpan silang akurat dari Cabella, yang juga baru masuk lapangan bersamaan dengan Ameobi untuk menggantikan Vurnon Anita, dengan satu sundulan terbang dan memaksa Lloris kembali memungut bola dari gawangnya.

Spurs beberapa kali berusaha mencetak gol, namun sejumlah upaya mereka tak juga membuahkan hasil sehingga tim besutan Maurico Pochettino itu harus menelan kekalahan pahit dari tim tamu 1-2.

Sementara itu di laga lain yang berlangsung bersamaan, Everton berhasil meraih tiga poin penuh saat berkunjung ke markas Burnley dengan kemenangan 3-1 berkat dwigol Samuel Etoo dan satu gol Romelo Lukaku.

Berikut susunan pemain yang diturunkan dalam laga antara Spurs melawan Newcastle, sebagaimana dilansir situs resmi UEFA.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris (PG); Eric Dier, Younes Kaboul, Jan Vertonghen, Danny Rose; Etienne Capoue, Ryan Mason; Erik Lamela, Christian Eriksen, Nacer Chadli; Emmanuel Adebayor
Pelatih: Mauricio Pochettino

Newcastle United (4-2-3-1): Tim Krul (PG); Daryl Janmaat, Steven Taylor, Fabricio Coloccini, Paul Dummett; Vurnon Anita, Jack Colback; Gabriel Obertan, Moussa Sissoko, Yoan Gouffran; Ayoze Perez
Pelatih: Alan Pardew

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014