Jakarta (ANTARA News) - Setelah diangkat menjadi Menteri Perdagangan pada Kabinet Kerja, Rachmat Gobel mengumumkan mantan Menteri Perhubungan Jusman Sjafei Djamal akan menggantikannya memimpin perusahaan PT Gobel Internasional.

"Pak Jusman akan menggantikan saya di PT Gobel Internasional," katanya pada pertemuan dengan keluarga, kolega, dan sahabat di Jakarta, Minggu.

Gobel Internasional adalah induk perusahaan kelompok usaha Gobel yang bergerak di berbagai bidang, termasuk PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) yang adalah distributor utama barang elektronik Panasonic.

Selama ini Rachmat menjadi Presiden Direktur PT Gobel Indonesia. Di hadapan kolega yang berkebangsaan Jepang, Rachmat juga mengumumkan adiknya, Abdullah Gobel, menjadi Preskom PGI dan PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) menggantikan dia.

Ia juga menyatakan akan mengubah gaya kepemimpinan agar sesuai dengan birokrasi pemerintahan.

"Kalau di swasta, saya bisa mengambil keputusan sendiri lebih cepat sesuai kondisi yang ada," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia itu.

Namun, di pemerintahan, lanjut dia, harus disesuaikan dengan aturan perundangan yang ada, apalagi  banyak keputusan dan  kebijakan yang harus berkoordinasi dengan kementerian atau instansi terkait.

"Sebagai pimpinan perusahaan saya menjadi bos. Tapi sekarang, (sebagai Menteri Perdagangan) saya punya bos besar lagi (Presiden Jokowi)," katanya.

Rachmat berpesan kepada keluarga besarnya agar semakin hati-hati karena sebagai keluarga pejabat publik akan menjadi sorotan masyarakat.



Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014