Bogor (ANTARA News) - Ribuan warga Bogor menghadiri perhelatan "Kalimurni Bersholawat" dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1436 Hijriah di area Masjid Asshurofa, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu malam.

Kegiatan yang digagas oleh remaja Kalimurni menghadirkan sejumlah habib di antaranya Habib Muhammad Mahdi Bin Hamzah Bin Alwi Assegaf, Habib Mahdi Bin Husen Bin Muhammad Alaydrus, dan Habib Abdurachman Al Qodri.

Warga memadati area masjid walau sempat diguyur hujan menjelang maghrib, namun tidak menyurutkan umat Islam untuk hadir tidak hanya datang dari wilayah Kelurahan Kencana, tapi juga dari wilayah lainnya seperti dari Cilebut Kabupaten Bogor.

Selain memadati area masjid, jamaah yang hadir juga memenuhi jalan sekitar Masjid. Sambil bersila para jamaah dengan penuh khusu mengumandangkan zikir, doa dan sholawat kepada Nabi besar Muhammad SAW.

"Kalimurni Bersholawat" dipimpin para Habib yang tergabung dalam Majlis Talim Syababul Muktarin (Syam) dan Majlis Talim Assyurofa.

Kemeriahan menyambut datangnya tahun baru Islam juga diramaikan dengan kembang api untuk menyambut kedatangan para Habaib, dan pada saat pembacaan marhaba.

Lurah Kencana Syafei R yang juga hadir mewakili Camat Tanah Sareal menyampaian apresiasi kepada remaja Kencana yang telah menggagas kegiatan bersholawat untuk menyemarakan tahun baru Islam 1436 H.

"Jadi, jangan hanya tahun baru Masehi saja yang dirayakan dengan meriah, tapi tahun baru Islam juga harus dirayakan lebih meriah lagi," kata Syafei.

Syafei berharap, kedepan kegiatan syiar Islam tersebut digelar lebih luas lagi dengan melibatkan 13 RW yang ada di wilayah Kelurahan Kencana.

"Selain Syiar Islam, peringatan tahun baru Islam juga menjadi ajang silaturahim warga Kencana," kata Syafei.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014