Milan (ANTARA News) - Fernando Llorente mengakhiri puasa golnya di liga ketika Juventus membuka keunggulan tiga angka atas AS Roma di puncak klasemen Liga Italia, menyusul kemenangan 2-0 atas Palermo pada Minggu.

Di tempat lain, Gonzalo Higuain juga mengakhiri puasa golnya di liga untuk Napoli dengan raihan trigol, termasuk dari penalti, saat timnya menang 6-2 atas Verona, di mana Marek Hamsik juga menyumbang dua gol untuk membuka rekening golnya di Napoli musim ini.

Jose Callejon menyumbang satu gol untuk Napoli untuk menorehkan gol ketujuhnya musim ini, dan memuncaki daftar pencetak gol dengan mengungguli Keisuke Honda (AC Milan) dan Carlos Tevez (Juventus).

Kemenangan keempat Napoli pada musim ini mendongkrak pasukan Rafael Benitez ke posisi ketujuh, tertinggal delapan angka dari Juventus dan hanya tertinggal dua angka dari tim peringkat ketiga Udinese, yang menang 2-0 atas Atalanta.

Higuain gagal mencetak gol pada tujuh pertandingan liga sebelumnya dan rasa frustrasinya bertambah pada awal pekan ini, ketika Napoli menelan kekalahan 0-2 dari Young Beys pada pertandingan Liga Europa di Berne.

Benitez pada Jumat membandingkan Higuian dengan "singa di dalam kerangkeng" dan bergurau setelah pertandingan, "Malam ini kami melepaskan Higuain dari kerangkeng, maka kami dapat menyimpannya lagi sampai Rabu."

Menjelang pertandingan Rabu di markas Atalanta, Benitez meyakini start buruk Napoli di musim ini sekarang dapat dilupakan.

"Saya pikir pertandingan ini mengirim sinyal penting mengenai apa yang dapat dilakukan tim," tambah Benitez.

Kebangkitan Lazio berlanjut dengan kemenangan 2-1 saat menjamu Torino di mana Miroslav Klose, yang jarang dimainkan untuk tim Stefano Pioli, mencetak gol kemenangan pada menit ke-60 bagi tuan rumah yang mendorong im Putih-Biru naik ke peringkat kelima.

"Saya selalu memelihara (pemikiran) bahwa Klose merupakan bonus tambahan bagi kami apakah ia bermain atau hanya berada di ruang ganti untuk memberi semangat kepada seluruh anggota tim," kata Pioli.

"Saya ikut senang untuk dia yang telah mencetak gol."

Penalti pada menit ke-32 dari Mauro Icardi terbukti cukup bagi Inter yang menang 1-0 di markas Cesena, yang akan menghapus sebagian tekanan terhadap pelatih alter Mazzarri, ketika Tim Hitam-Biru naik ke peringkat ketujuh.

Sementara itu Milan menyia-nyiakan peluang untuk naik ke peringkat ketiga, menyusul hasil imbang 1-1 dengan Fiorentina di San Siro, di mana gol Josip Ilicic pada menit ke-60 menyamakan tandukan Nigel De Jong yang tercipta pada menit ke-25.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, pemain internasional Chile Arturo Vidal memecah kebuntuan bagi Juve pada menit ke-32, ketika ia meneruskan operan Tevez untuk menaklukkan Stefano Sorrentino dan memasukkannya ke tiang jauh sang kiper.

Llorente menanduk bola tendangan sudut dari kanan pada menit ke-64 untuk mengamankan kemenangan ketujuh Juve musim ini, menyusul hasil imbang 1-1 yang mereka dapatkan di markas Sassuolo pekan lalu.

"Ia membayar lunas kepercayaan yang kami perlihatkan kepadanya. Kami gembira ia kembali mencetak gol," kata Massimiliano Allegri.


Tak ada penyebab bunyikan alarm

"Tentu saja merupakan hal hebat untuk kembali menorehkan tanda dan fakta bahwa saya mencetak gol pada hari ini telah menghapus tekanan," kata Llorente kepada Sky Sport Italia.

Allegri mengganti Andrea Pirlo dengan Paul Pogba pada pertengahan babak kedua, pekan kedua secara beruntun di mana pemain internasional Italia itu gagal bermain selama 90 menit penuh.

Namun Allegri mengatakan tidak ada penyebab untuk membunyikan alarm.

"Ia bermain di Piala Dunia dan setelah itu menepi selama 40 hari (karena cedera). Ia perlu bermain namun ia masih mencari permainan terbaiknya dan hari ini ia bermain dengan baik."

Juve sekarang unggul tiga angka atas Roma menyusul hasil imbang Tim Kuning-Merah pada Sabtu di markas Sampdoria, yang turun ke posisi keempat setelah Antonio Di Natale menginspirasi Udinese untuk menang 2-0 atas Atalanta yang mengirim tim Italia utara itu ke posisi tim asal Genoa.

Mantan pelatih Inter Andrea Stramaccioni melakukan keajaiban di Udinese, namun ia menegaskan pentingnya untuk bersikap rendah hati.

"Itu mungkin pertandingan terbaik kami sejauh ini di musim ini, namun kami harus tetap rendah hati dan bekerja keras. Anda tidak pernah boleh puas," kata Stramccioni.
(RF/A016)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014