Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menunjuk Mardiasmo sebagai Wakil Menteri Keuangan saat pelantikan 34 dan dua menteri Kabinet Kerja 2014-2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Mardiasmo menggantikan Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pada Kabinet Indonesia Bersatu II era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2009-2014.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dibawah kepemimpinan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 2010.

Doktor Akuntansi sekaligus pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu lahir di Solo 10 Mei 1958.

Pada 10 Desember 2010, Mardiasmo terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) periode 2010-2014 dalam Kongres XI IAI di Jakarta.

Ia menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada pada 1997, magister pada University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat 1988 dan Doktor School of Public Policy, University of Birmingham Inggris pada 1994.

Mardiasmo pernah mendapat penghargaan sebagai Dosen Teladan Tingkat Fakultas di Universitas Gadjah Mada pada 1991.

Pada sektor publik Mardiamo pernah menyampaikan keinginannya agar akuntan dapat mengawal APBN dari perencanaan hingga pelaporan, sehingga APBN benar- benar sampai ke tujuan, melalui pembangunan.

Pada 28 Jumi 2012 Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, mengangkat Mardiasmo sebagai Komisaris Utama Jasa Rahaja berdasarkan Keputusan Pemegang Saham Perusahaan di Luar Rapat Umum Pemegang Saham tentang Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014