Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah kalangan mengapresiasi Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang dilantik di Jakarta Senin (27/10), khususnya delapan perempuan menjadi menteri dalam kabinet tersebut.

"Saya kira ini adalah hasil optimal yang sudah dilakukan Presiden Jokowi, termasuk dengan perubahan nomenklatur kementerian. Karena itu kami berikan mereka kesempatan untuk bekerja," kata politisi PDI Perjuangan Evita Nursanty saat diminta tanggapannya di Jakarta, Senin malam.

Menurut anggota DPR RI periode 2014-2019 ini, dari 34 anggota kabinet yang diumumkan Presiden Jokowi (26/10), ada delapan  menteri perempuan. "Ini merupakan sejarah baru dalam pemerintahan, termasuk posisi pertama kali dalam sejarah Indonesia yakni dengan ditempatkannya Retno Lestari Priansari Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri," katanya.

Perempuan lain yang dipercaya masuk kabinet adalah Menko Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Peranan Wanita Yohana Yambise, Mensos Khofifah Indar Parawansa, dan Menkes Nila F Moeloek.

Menurut Evita, terkait penggabungan dan pemisahan kementerian, sudah tepat dengan berbagai pertimbangan efektivitas pelaksanaan program kerja pemerintah, seperti pembentukan Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah; serta Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi sudah tepat. Termasuk Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

"Untuk ristek misalnya, selama ini anggarannya sangat kecil, dan penggabungan ini diharapkan kinerjanya bisa semakin optimal untuk menghasilkan riset-riset terbaik untuk bangsa ini," ujarnya.

Mengenai penggabungan Kehutanan dan Lingkungan Hidup, menurut Evita, ada banyak kegiatan yang saling terkait, misalnya dalam kesepakatan terkait global warming dalam pencapaian target emisi karbon global.

"Dalam konteks itu, keduanya tidak selalu menjadi hambatan satu sama lain tapi sinergi," katanya.

Evita memberikan pujian terkait Kementerian Koordinator Maritim, dengan penempatan Indroyono Soesilo di sana. Dia yakin karakteristik pemerintahan mendatang akan terlihat sesuai harapan Presiden Jokowi, dan sosok Indroyono dinilai akan mampu bekerja di bidang yang selama ini memang keahlian dia. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014