Kami serahkan seluruhnya pada partai untuk mempertimbangkan pengganti Puan..."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan penggantian posisi Puan Maharani yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPR RI periode 2014-2019 diserahkan seluruhnya pada PDIP.

"Kami serahkan seluruhnya pada partai untuk mempertimbangkan pengganti Puan karena pilihan sepenuhnya berada di PDIP," kata Agus saat dihubungi Antara di Jakarta, awal pekan ini.

Agus mengatakan posisi Ketua Fraksi PDIP DPR RI dapat ditentukan pada calon legislator yang memiliki suara di bawah Puan Maharani ketika pemilihan legislatif pada April 2014.

Mekanisme pengajuan calon legislator terlebih dahulu ditentukan dari partai pengusung kemudian diserahkan pada DPR hingga DPR memproses pengajuan tersebut.

Agus menambahkan DPR tidak memberikan tenggat waktu yang mengikat bagi PDIP dalam menentukan pilihan pengganti Puan Maharani.

Puan Maharani, pada Minggu (26/10) ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada pengumuman resmi 34 menteri Kabinet Kerja 2014-2019 di Istana Merdeka, Jakarta.

Selain Puan, ada beberapa anggota DPR RI yang diangkat menjadi menteri, antara lain Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, Marwan Jafar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian, dan Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014