... Batam ke Surabaya dan Batam ke Bandung... "
Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia merencanakan pembukaan dua rute baru dari Batam ke Surabaya dan Batam ke Bandung mulai 14 November 2014 masing-masing satu kali sehari.

"Kami sedang mengajukan izin ke Kementerian Perhubungan. Mudah-mudahan pada tanggal yang ditetapkan kami sudah bisa melayani penerbangan dua rute tersebut," kata Station Manajer PT Garuda Indonesia Branch Office Batam, Timbul Panjaitan, di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, dua rute itu akan dilayani dengan pesawat Boeing 737-800NG dengan layanan kelas bisnis dan ekonomi.

"Permintaan penerbangan dua rute itu sangat tinggi. Makanya kami berupaya agar pelanggan Garuda Indonesia dari Batam tidak usah transit untuk menuju dua kota tersebut," kata dia.

Selama ini, kata dia pengguna setia Garuda Indonesia harus transit di Jakarta jika hendak menuju Surabaya, hal tersebut tentu tidak efektif. Demikian juga dengan pelanggan tujuan Bandung.

"Dengan layanan ini tentu lebih efektif dan mempercepat jarak tempuh, sehingga pelanggan juga akan merasa lebih nyaman," kata Timbul.

Sebelum merencanakan pembukaan dua rute baru tersebut, Garuda Indonesia sudah melayani rute Batam-Jakarta lima kali sehari dan Batam-Medan, Batam-Tanjung Karang masing-masing satu kali sehari.

Untuk tujuan Batam-Jakarta dilayani dengan Boeing 737-800NG, sementara tujuan Medan dan Tanjung Karang dilayani dengan Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas 98 orang.

Garuda Indonesia pada 2013 juga sempat melayani Batam-Pekanbaru dengan Bombardier CRJ1000 NextGen, tadi ditututp akibat kabut asap dan hingga kini belum dilayani kembali.

Selain Garuda Indonesia, saat ini rute ke Surabaya sudah dilayani Lion Air tiga kali sehari dan Citilink dua kali sehari. Untuk rute ke Bandung, Jawa Barat juga sudah dilayani Lion Air satu kali sehari.

Pewarta: Larno
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014