... sudah saatnya pemuda Indonesia menjadi aset strategis yang produktif, yang akan membawa Indonesia pada realisasi cita-cita pendiri bangsa... "
Jakarta (ANTARA News) - Komite Nasional Pemuda Indonesia adalah mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan sumber daya pemuda untuk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa.

"KNPI adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk membangun karakter pemuda Indonesia yang produktif dan berdaya saing, dalam payung Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ketua Umum KNPI, Taufan Rotorasiko, di Jakarta, Selasa.

Sebagai wujud dari falsafah KNPI, TRIMADA (Tiga Mandat Pemuda Indonesia) yaitu tiga hal yang harus menjadi bagian dari pemuda Indonesia yang memiliki karakter yang mulia, cinta Tanah Air, kemandirian yang memandirikan.

"Maka sudah saatnya pemuda Indonesia menjadi aset strategis yang produktif, yang akan membawa Indonesia pada realisasi cita-cita pendiri bangsa," ungkap dia.

Dalam rangka peringatan ke-86 Hari Sumpah Pemuda, ia juga meminta pemerintah untuk meningkatkan dan fokus pada pembangunan sumber daya pemuda.

Karena pemuda adalah investasi terbesar masa depan bangsa Indonesia "Pemuda harus memposisikan dirinya sebagai subyek dan mendapat nilai tambah maksimal dari Masyarakat Ekonomi ASEAN, dan bukan menjadi obyek serta target pasar," kata Taufan.

Kata dia, sudah waktunya pemerintah mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki spesifikasi tertentu, memperkuat basis industri kreatif, penguasaan pada tekhnologi IT dan sistem distribusi logistik yang memadai.

"Disertai dengan penguasaaan bahasa untuk bisa menguasai pasar di level regional dan internasional," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014