Bandung (ANTARA News) - 1.293 mahasiswa atau 30 persen dari total mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, tahun ini bebas biaya SPP sampai mereka lulus.

"Sebanyak 30 persen mahasiswa baru Unpad bebas biaya SPP.  Mereka penerima beasiswa kemitraan dan Bidikmisi," kata Rektor Unpad Ganjar Kurnia di Bandung, Selasa.

Menurut Ganjar, dari sekitar 5.500 mahasiswa yang masuk tahun ini, 281 mahasiswa adalah penerima beasiswa kemitraan dan 1.012 penerima beasiswa Bidikmisi.

Total dana beasiswa kemitraan Unpad senilai Rp1,776 miliar. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa berbagai fakultas dari jenjang S-1 dan D-III selama delapan semester.

"Mereka terus dipantau perkembangan studinya, salah satunya peroleh IPK minimal 3,00," kata Ganjar.

Penyerahan simbolis beasiswa diserahkan hari ini, Selasa, di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor. Beasiswa tersebut berasal dari mitra Unpad yakni PT Bank Negara Indonesia , Yayasan Pupuk Kaltim, dan Pertamina Foundation.

"Ini adalah komitmen kami juga, selain untuk memberikan aksesibilitas, juga memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bisa meningkatkan diri lebih baik lagi," kata Ganjar.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014