Makkah (ANTARA News) - Jumlah jamaah haji reguler Indonesia yang sudah dipulangkan ke Tanah Air hingga Selasa pukul 23.40 WIB sudah lebih dari 100.000 orang.

Menurut data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), sejak jadwal kepulangan pada 9 Oktober, jumlah jamaah haji reguler yang diberangkatkan ke Indonesia sebanyak 109.054 orang dari  154.467 orang yang diberangkatkan atau sudah mencapai 70,60 persen.

Dari jumlah yang diberangkatkan tersebut sebanyak 105.876 orang sudah tiba di Tanah Air dan 3.178 dalam perjalanan ke Indonesia. Lamanya perjalanan Arab Saudi ke Indonesia sekitar 9-10 jam perjalanan udara.

Saat ini sudah tidak ada lagi jamaah haji Indonesia yang berada di Makkah. Saat ini jamaah haji Indonesia adalah jamaah gelombang kedua yang kini berada di Madinah. Sementara jamaah haji gelombang pertama seluruhnya sudah dipulangkan ke Tanah Air.

Jamaah haji gelombang pertama diberangkatkan ke Madinah dahulu baru ke Makkah, sementara jamaah gelombang kedua di berangkatkan ke Makkah dulu baru ke Madinah. Namun, sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah, seluruh jamaah haji berkumpul di Makkah.

Menurut jadwal, pemulangan terakhir jamaah haji gelombang kedua akan dilakukan pada 5 November dan tiba di Tanah Air 6 November. Sementara seluruh jamaah haji khusus atau dulu disebut ONH plus sudah tiba di Tanah Air pada Sabtu (25/10).

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014