Bandarlampung (ANTARA News) - Sehari setelah peringatan Hari Listrik Nasional pada Senin (27/10), sejumlah wilayah di Kota Bandarlampung dan sekitarnya mengalami pemadaman aliran listrik PT PLN, akibat gangguan pada pembangkit di Tarahan Lampung Selatan, Selasa (28/10) sore hingga malam hari.

Manager PT PLN Cabang Bandarlampung H Budiono di Bandarlampung, Selasa malam, membenarkan adanya pemadaman aliran listrik pelanggan PT PLN di sejumlah wilayah di Kota Bandarlampung dan sekitarnya.

Menurut dia, pemadaman dilakukan selama beberapa jam pada Selasa sore. Namun di beberapa tempat pelanggan listrik PLN mengeluhkan pemadaman masih berlangsung hingga malam hari.

Setelah dilakukan pengecekan, menurut dia, antara lain di wilayah Kelurahan Sukarame 1 Kecamatan Sukarame, diketahui terjadi pemadaman secara lokal mengingat pada tempat lain sudah menyala kembali.

Petugas dari Ranting PLN Wayhalim kemudian melakukan pengecekan ke lapangan, dan akhirnya sekitar pukul 20.30 WIB, pemadaman yang dialami sejumlah pelanggan secara lokal itu dapat diatasi dan telah menyala kembali.

Sebelumnya PT PLN Tanjungkarang telah menyampaikan informasi adanya pemadaman aliran listrik PLN di sejumlah wilayah Bandarlampung dan sekitarnya akibat adanya gangguan pada PLTU Tarahan unit 3 dan Unit 4, sehingga untuk sistem Lampung mengalami defisit daya listrik sebesar 190 MW.

PT PLN setempat menyebutkan terjadi pula gangguan UFR di subsistem Lampung, namun segera normal kembali, meskipun daya listrik masih mengalami defisit.

Informasi untuk pemeliharaan PLTU Tarahan unit 3 dan 4 diperkirakan akan selesai sampai dengan tanggal 7 November 2014.

Sejumlah wilayah yang mengalami pemadaman aliran listrik PLN pada Selasa sore, antara lain Serengsem, Panjang, Ketapang, Way Gubak, Sinar Laut, Tembesu, sebagian Kalibalok dan sekitarnya, Jl. Soekarno-Hatta Rajabasa sampai sekitar SMA Gajah Mada, Untung Suropati, RA Basyid, Jl. Turi Raya Labuan Dalam, Panjang kota, Jl. Soekarno-Hatta arah Panjang, Pelabuhan Panjang, Jl. Bahari, Selat Malaka dan sekitarnya.

Pemadaman beberapa jam itu juga dialami pelanggan PLN di sekitar Terminal Kemiling, sebagian Jl. Imam Bonjol, Jl. Teuku Cik Di Tiro, Perum Wisma Mas dan sekitarnya, Jalan Soekarno-Hatta arah Rajabasa sd RS Imanuel Sukarame, sebagian PKOR Wayhalim dan sekitarnya.

Di Kabupaten Lampung Selatan, juga terjadi pemadaman, antara lain di Sidomulyo, Candipuro, Way Panji, Patok, Balinuraga, Beringin Kencana, Candirejo, dan Rawa Selapanan.

PT PLN menyatakan akan menyampaikan update informasi pemadaman yang dapat dilihat di situs resmi, http://www.pln.co.id/lampung/category_name=info-pemeliharaan.

Karena itu, PT PLN di Lampung mengimbau kepada pelanggan untuk dapat menggunakan pemakaian listrik secara bijak, dan dianjurkan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan sehingga dapat menghemat daya listrik agar defisit yang terjadi tidak terlalu besar.
(B014/A026)

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014