Medan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Medan melakukan antisipasi terhadap cuaca ekstrem yang beberapa pekan ini terjadi di kota itu diantaranya dengan melakukan pemangkasan terhadap pepohonan yang dinilai rentan tumbang sehingga dapat menyebabkan kerusakan terhadap sarana yang ada.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Selasa, mengatakan ia telah menginstruksikan Dinas Pertamanan untuk segera melakukan pemotongan dahan pohon yang menjulang ke atas dan ke arah jalan raya di seluruh pinggiran jalan di Kota Medan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat akarnya tidak kuat menahan beban pohon, mengingat tingginya intensitas hujan disertai angin di Kota Medan saat ini.

Instruksi ini ia sampaikan langsung ketika memimpin rapat evaluasi kinerja beserta seluruh Dewan Kota, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD, Kepala Bagian serta Camat se-Kota Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota.

"Saya minta pemotongan ini secepatnya dilakukan, sebab cuaca di Kota Medan cukup ekstrem dimana hujan sering disertai angin kencang. Kondisi ini tentunya sangat rentan menyebabkan pohon tumbang," katanya.

Dengan pemotongan yang dilakukan ini kata dia, akar akan lebih kuat menahan beban pohon meskipun terjadi hujan disertai angin.

Selama ini diakuinya Dinas Pertamanan telah melakukan pemangkasan pada bagian samping pohon, namun ternyata hasilnya kurang efektif, sebab beban akar pohon hanya berkurang sedikit karena bagian atas masih menjulang tinggi, akibatnya begitu hujan turun disertai angin, pohon pun tumbang.

Dalam dua pekan ini, tercatat sudah dua kali pohon tumbang di Kota Medan yakni peristiwa pertama terjadi di Jalan Sudirman Medan, persis depan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara yang merenggut dua nyawa, Sabtu (18/10).

Kemudian, Senin (27/10), pohon asam tumbang di Jalan Teuku Umar menyebabkan lima unit mobil rusak dan mencederai seorang warga.

Untuk itulah Eldin berharap dengan pemotongan yang dilakukan mampu mencegah terjadinya pohon tumbang kembali.

Selain itu ia juga minta Dinas Pertamanan menyiapkan tim untuk siaga penuh, begitu mendapat informasi pohon tumbang, segera turun ke lokasi untuk melakukan pemotongan sekaligus pembersihan sehingga tidak menyebabkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas.

Termasuk, rutin mengawasi dahan-dahan pohon yang sudah tua dan rapuh serta lakukan pemotongan.

Selanjutnya mantan Sekda Kota Medan ini memerintahkan Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Kota Medan turun tangan mengantisipasi pohon tumbang, dengan melakukan analisis bagaimana caranya agar seluruh pohon-pohon yang ada di pinggir jalan kuat dan tidak gampang tumbang saat diterpa angin.

"Jadi Distanla dan Dinas Pertanian harus bersinergi mengatasi pohon tumbang ini," katanya seraya menambahkan agar warga Kota Medan juga berhati-hati saat melintas di jalan raya pada saat hujan turun. Eldin menyarankan jika tidak ada keperluan yang penting lebih baik tidak keluar rumah.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014