... investasi untuk teknologi dan pengembangan di indonesia masih sangat rendah... "
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komputer, Dr Ing Ilham Akbar Habibie MBA, memberikan kuliah umum dalam seminar nasional bertajuk 2nd Applied Business and Engeneering Confrence, di Politeknik Caltex Riau (PCR), 29-30 Oktober.

Habibie menyampaikan orasinya tentang investasi di bidang teknologi dan bisnis. Menurut dia, investasi untuk teknologi dan pengembangan di indonesia masih sangat rendah.

"Itu terjadi karena begitu luas wilayah Indonesia, daya saing teknologi yang kurang, dan masih adanya paradigma sebagai negara yang kaya SDA. Selain itu investor juga lebih memilih berusaha di bidang SDA yang pasti, semisal tambang dan perkebunan," katanya.

Hal tersebut, kata dia, harus segera diubah dengan mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi persaingan global dimana Indonesia 15 tahun lagi diperkirakan akan menjadi ekonomi ketujuh terbesar di dunia.

Oleh sebab itu, beberapa investasi harus dilakukan di antaranya investasi SDM, investasi ilmu pengetahuan danteknologi, dan investasi inovasi dan kewirausahaan.

Direktur PCR, Dr Hendriko, mengatakan, acara tahunan ini sarana publikasi dan silaturahmi antarinsan peneliti, akademisi, praktisi, dan masyarakat umum, guna menambah cakrawala pengetahuan dalam bidang rekayasa dan bisnis terapan. Seminar ini diikuti 104 pemakalah dari berbagai kalangan.

Pewarta: Bayu Adha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014