... tolong juga bisa dijelaskan kepada masyarakat bagaimana proses penyusunan kabinet secara transparan dan terbuka kepada masyarakat."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR Edhie Baskoro Yudhoyono menyatakan tidak mengkritik Kabinet Kerja Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, tetapi ingin bertanya siapa yang menyusun kabinet itu.

"Saya tidak mengkritik dalam arti setiap warga negara, sebagai wakil rakyat dan juga saya sebagai rakyat, tentunya memiliki hak untuk bertanya," kata Ibas sapaan Edhie Baskoro Yudhoyono di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, bertanya bukan berarti mengkritik karena banyak pertanyaaan yang berkembang di media, maupun di kalangan masyarakat, siapa yang menentukan penyusunan kabinet tersebut.

"Kami mengetahui itu hak prerogratif presiden dan kami hargai sepenuhnya, tapi tolong juga bisa dijelaskan kepada masyarakat bagaimana proses penyusunan kabinet secara transparan dan terbuka kepada masyarakat," katanya.

Anak Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu menuturkan perubahan nomenklatur, penyusunan dan pengurangan kementerian serta penambahan lembaga tertentu harus dijelaskan kepada publik.

"Alangkah baiknya jika Presiden Jokowi menjelaskan ke publik. Kami tidak mengkritik, itu tidak boleh dilakukan. Tidak boleh dilakukan," kata Ibas.

Pewarta: Darwin
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014