Harapan publik terhadap perkembangan olahraga Indonesia sangat besar. Makanya, masalah yang ada harus segera diuraikan,"
Jakarta (ANTARA News) - Permasalahan yang terjadi pada dua lembaga olahraga Indonesia yaitu KONI dan KOI dibawa ke rapat perdana Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah pimpinan menteri baru yaitu Imam Nahrawi.

"Kami ingin melihat sejauh mana upaya yang telah dilakukan termasuk bagaimana payung hukumnya. Itu sangat penting untuk perkembangan ke depan," kata Imam Nahrawi usai serah terima jabatan dengan Roy Suryo di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, demi mengetahui perkembangan KONI dan KOI pihaknya akan meminta masukkan kepada pejabat dibawahnya yang selama ini telah mengupayakan penyelesaikan konflik yang terjadi pada dua lembaga olahraga Indonesia itu.

"Harapan publik terhadap perkembangan olahraga Indonesia sangat besar. Makanya, masalah yang ada harus segera diuraikan," katanya menambahkan.

Selain konflik KONI-KOI yang berdampak menurunkanya prestasi olahraga Indonesia, pada rapat koordinasi ini juga akan dibahas masalah pengadaan alat Asian Games 2014 yang macet ditengah jalan.

Tidak ketinggalan, pada rapat koordinasi internasl yang diikuti pejabat eselon I, eselon II dan eselon III ini juga dibahas masalah kepemudaan.

Ditanya bagaimana upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, pria yang juga politisi dari PKB itu mengaku akan bergerak cepat dengan mendata dan mendatangi langsung setiap pengurus besar (PB) cabang olahraga.

"Dalam satu bulan ini kami akan turun langsung ke PB-PB. Kita akan mendalami kondisi mereka, melihat sarana dan prasarana latihan termasuk kendala yang dihadapi," kata pria kelahiran Bangkalan, Madura itu.

Sementara itu mantan Menpora Roy Suryo mengatakan, pihaknya meminta kepada menteri baru meneruskan program yang selama ini telah berjalan yaitu upaya untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada KONI dan KOI. Selain itu masalah Asian Games 2018.

"Kita akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Paragames 2018. Makanya kita harus mempersiapkan diri dengan baik," katanya usai serah terima jabatan.

Serah terima jabatan di Wisma Kemenpora berlangsung dengan meriah. Semua pejabat maupun karyawan banyak yang hadir. Begitu pula dengan tokoh-tokoh olahraga nasional untuk memberikan selamat kepada menteri dan mantan menteri.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014