Jakarta (ANTARA News) - Memasuki musim penghujan, bagi anda pekerja di lapangan tentu khawatir terhadap keamanan gadget kemasukan air sehingga harus dibungkus memakai kantong plastik.

Kini anda tidak perlu risau karena tersedia casing gadget berbagai jenis dan ukuran yang terjamin keamanannya dari air.

Tidak hanya gadget, kamera jenis apapun juga akan terlindungi dari air hujan, air laut atau terjatuh di kolam renang.

Meski di dalam air pun tetap bisa telepon, chatting, SMS, memotret hingga video.

Eva Andriyani, marketing DiCAPac Indonesia selaku perusahaan yang memproduksi kantong plastik khusus gadget di dalam air mengaku bahan plastik silikon yang digunakannya berkualitas tinggi.

"Produksinya asal Korea Selatan dan dipasarkan ke lebih dari 60 negara. Khusus Indonesia sudah lebih dari dari setahun terakhir," ujarnya ketika ditemui di stan DiCAPac Indonesia dalam pameran Indocomtech 2014 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, kantong plastik gadget ini merupakan solusi di musim hujan serta penggemar olahraga air seperti berenang, menyelam dan lainnya.

"Bahkan, untuk sekadar narsis di tengah hujan, di kolam renang, di dasar laut, tidak perlu membeli kamera khusus antiair. Cukup kamera yang kita miliki sehari-hari," katanya.

Khusus casing untuk gadget ponsel dan smartphone dipasarkan seharga Rp100 ribuan dan Rp300 ribuan untuk kamera berbagai jenis.

"Tapi selama pameran tentu ada potongan harga. Kerusakan yang tidak diakibatkan oleh kelalaian konsumen tetap ada garansi," katanya.

Untuk menjaga kualitas agar bisa digunakan bertahun-tahun, bagian dalam casing tidak boleh dimasuki air.

Pengeringannya cukup dibasuh kain kering dan diangin-anginkan dan dilarang mencucinya menggunakan sabun.

"Kalau terkena air kotor atau air laut, cukup basuh bagian luar. Simpan di tempat kering bukan lembab dan jangan buka tutup casing dalam keadaan basah," kata Eva.

Sementara itu, pameran Indocomtech 2014 digelar 29 Oktober hingga 2 November 2014 di JCC kompleks Senayan memamerkan sebanyak 220 exhibitors dari dalam maupun luar negeri.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014