Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memasang alat untuk memonitor truk sampah yang ada di wilayah itu mengantisipasi penyalahgunaan pemakaian oleh oknum sopir yang tidak bertanggung jawab.

"Akhir bulan ini mudah-mudahan selesai, jadi bisa dilacak truk sampah itu kemana saja jalannya, kalau menyimpang tinggal ditindak," kata Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, saat ini armada truk sampah di DKI Jakarta masih kurang dan kendaraan tidak optimal digunakan karena ada oknum yang menyalahgunakan.

Ia yakin pemakaian alat monitor pada truk sampah akan efektif mencegah terjadinya penyalahgunaan karena akan lebih mudah untuk dikontrol.

Ahok mengakui saat ini penanganan sampah di Ibu Kota belum maksimal salah satunya disebabkan oleh kurangnya truk sampah.

Selain itu kesadaran warga juga masih rendah, misalnya setiap ada acara besar di tempat umum pasti sampah berserakan dan menumpuk, kata dia.

Ia menambahkan masih ada warga yang membuang sampah ke sungai padahal akibatnya jelas akan menghambat aliran air dan menjadi salah satu penyebab banjir.

Pewarta: Ikwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014