London (ANTARA News) - Klub-klub besar Eropa mengingingkan FIFA menggelar Piala Dunia Qatar 2022 dalam bulan April, kata Kepala Eksekutif Bayern Munchen Karl-Heinz Rummenigge dalam wawancara dengan sebuah koran Inggris seperti dikutip AFP.

Sebuah gugus tugas telah dibentuk FIFA untuk bertemu di Zurich pekan depan guna menyelidiki kelayakan menggeser waktu penyelenggaraan turnamen yang biasanya diadakan pada pertengahan tahun, karena khawatir saat itu suku musim panas di Qatar.

FIFA dan UEFA menginginkan turnamen itu diadakan bertepatan dengan musim dingin belahan utara, namun Rummenigge yang mengetuai Asosiasi Klub Eropa (ECA) justru menginginkan diadakan pada musim semi.

"Untuk saat ini, ada dua proposal yang tersedia di meja: proposal FIFA pada November dan proposal UEFA pada Januari," kata Rummenigge kepada The Times. "Proposal kami agak berbeda. Kami akan menerbitkannya pada beberapa hari ke depan."

"Kami sudah melakukan sejumlah riset dan hasil riset ini menunjukkan bahwa opsi terbaik dimulainya Piala Dunia pada akhir April, berakhir pada Mei".

"Itu masih panas, tapi sepertinya akan maksimum 35 derajat (Celsius). Jika Anda kemudian bertanding malam hari, katakanlah jam 7 malam dan 9.30 malam, kemudian 9.30 malam (di Qatar) adalah jam 7.30 malam di Eropa tengah, 6.30 malam di Inggris."

"Dari segala sudut pandang, itu tidak masalah. Kami akan membawa opsi ini ke meja untuk dirundingkan di gugus tugas pada 3 November," tutup Rummeneige seperti dikutip AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014