Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat mengungkapkan bahwa pembebasan lahan untuk tol trans Jawa, terdiri dari 10 ruas dengan total panjang 658,6 km, sekarang sudah mencapai 63,8 persen.

"Sementara pembebasan lahannya kalau sesuai uang ganti rugi (UGR) sudah mencapai 65,4 persen atau Rp5,2 triliun," kata Direktur Bina Teknik Direktorat Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum-Perumbahan Rakyat, Subagyo, di Jakarta, Kamis.

Capaian tersebut termasuk ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, yang progres pembebasan lahannya sangat lambat--kurang dari 4 persen--sejak 2008.

Meski ada dua ruas tol yang cenderung sulit pembebasan lahannya, Subagyo mengatakan delapan ruas lainnya capaiannya cukup menggembirakan.

Pembebasan lahan ruas tol Cikopo-Palimanan dan Kanci-Pejagan, misalnya, sudah rampung.

"Dalam kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke tol Cikopo-Palimanan, progress-nya menggembirakan. Enam seksi dikerjakan dengan all out walaupun total jalannya 116 km. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga tidak merasa kesulitan karena lahannya siap," katanya.

Subagyo menjelaskan, dua ruas jalan tol yang sudah selesai pembebasan lahan itu sudah masuk proses konstruksi yang diharapkan sudah bisa selesai dan digunakan pada Juni 2015.

Ruas tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116,75 km di jalur Cikampek hingga Palimanan itu diharapkan bisa digunakan saat mudik Idul Fitri tahun depan.

"Kalau saat hari raya sudah bisa dilewati dengan lancar, satu arah saja, itu pasti akan sangat membantu pemudik," ujarnya.

Jalur tol trans Jawa yang terbentang dari Cikampek, Cirebon, Semarang hingga Surabaya itu, menurut Subagyo, dinilai sebagai proyek mendesak untuk mengurai kemacetan dan diharapkan bisa menurunkan ongkos logistik yang tinggi.

"Jalan tol trans Jawa ini memang sudah sangat mendesak, karena kalau tidak segera dibangun bisa membuat ongkos logistik terus mahal. Selain itu manfaatnya juga bisa mengurai kemacetan di jalur Pantai Utara Jawa," katanya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014