Lagos (ANTARA News) - Nigeria akan segera mengerahkan 506 relawan pekerja kesehatan ke Liberia, Guinea dan Sierra Leone, tiga negara yang dilanda Ebola di Afrika Barat, untuk membantu mengendalikan penyebaran penyakit mematikan itu, kata seorang pejabat kesehatan.

Kontingen pertama yang terdiri atas 250 relawan dijadwalkan meninggalkan negeri itu dalam waktu dekat, kata Menteri Kesehatan Khaliru Alhassan dalam taklimat selama Dewan Nasional Ke-57 mengenai Kesehatan --yang dimulai di Kota Uyo, Akwa Ibom, di bagian selatan kota tersebut.

Di antara dua warga Nigeria yang diperiksa positif Ebola di Freetown di Sierre Leone, satu orang telah dirawat hingga sembuh sementara yang satu lagi masih dipantau di pusat karantina Sierra Leone untuk memastikan ia menyelesaikan masa inkubasi wajib 21 hari, kata Al-Hassan.

Ia mengatakan Nigeria akan tetap siaga dan memastikan pengawasan di semua perbatasan guna menghadapi kemungkinan situasi darurat, demikian laporan Xinhua.

Menteri tersebut menyeru semua negara di Afrika agar meningkatkan sistem pengawasan mereka, dan masyarakat agar tetap siaga serta segera mengupayakan perawan medis jika mengalami kasus dugaan Ebola.

Ia menyeru semua negara agar memperkuat pusat karantina Ebola mereka untuk mempersiapkan diri bagi setiap kemungkinan munculnya, bahkan meskipun negara yang bersangkutan telah mendapat sertifikat bebas wabah Ebola dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014