Kami harus mencoba berbagai komposisi pemain dan skema permainan karena Persib Bandung merupakan tim yang sangat tangguh
Malang (ANTARA News) - Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, tidak diperkuat kiper utamanya, Kurnia Meiga Hermansyah, ketika melawan Persib pada semifinal Liga Super Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (4/11).

Pelatih kiper Arema, Alam Haviludin, di Malang, Jumat, mengatakan kiper Timnas senior itu terkena akumulasi kartu, sehingga ia harus absen saat menghadapi Persib.

Kurnia Meiga mendapat kartu kuning ketika meladeni Persela (8/10), dijamu Persipura (21/10), dan terakhir saat menghadapi Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim Padang (29/10).

"Meiga harus absen satu kali pertandingan dan kebetulan saat menghadapi Persib. Kami juga belum tahu dan memastikan apakah yang menggantikan Meiga nanti Ahmad Kurniawan atau Made Wardhana, tergantung kondisi dan kesiapan masing-masing," katanya.

Ahmad Kurniawan sudah bergabung dengan tim di Jakarta, sedangkan Made Wardhana akan menyusul dan bergabung dengan tim karena ketika menghadapi Semen Padang.

Pemain asal Bali itu tidak diikutsertakan dalam rombongan. Rencananya, Made Wardhana tiba di Jakarta pada Jumat.

Ketua Tim pelatih Arema Suharno menyatakan saat ini seluruh pemain fokus untuk mematangkan persiapan menghadapi Persib.

"Kami harus mencoba berbagai komposisi pemain dan skema permainan karena Persib Bandung merupakan tim yang sangat tangguh, bahkan berada di puncak klasemen babak delapan besar grup L," katanya.

Menyinggung formasi yang bakal diterapkan saat menghadapi Persib Bandung, Suharno mengaku masih terus melakukan eksperimen dan belum menentukan formasi baku.

"Yang terpenting bagi kami sekarang ini fokus untuk pertandingan semifinal dan meraih poin sempurna di GBK," katanya.

Selama ini, Arema sering melakukan eksperimen dengan mengganti formasi permainan dan biasanya menggunakan dua formasi, yakni 4-4-3 dan 3-5-2, namun ketika meladeni Semen Padang, Arema memakai pola 4-4-2.

Formasi 4-4-3 biasa digunakan Arema ketika bertanding di kandang, sedangkan 3-5-2 digunakan Arema jika bermain bertahan atau saat mempertahankan keunggulan.

Empat tim yang bakal bertarung di babak semifinal, adalah Persib, Persipura, Arema, dan Pelita Bandung Raya (PBR).

Arema lolos babak semifinal setelah menahan imbang Semen Padang 2-2 di Stadion H Agus Salim Padang, PBR mengalahkan Persib Bandung, Persipura mengempaskan Persela Lamongan, dan Persib sudah memastikan lolos semifinal ketika tiga tim lainnya masih bertanding di babak delapan besar.

Pada babak semifinal, Arema yang menjadi "runner up" grup K bakal menghadapi juara grup L, yakni Persib Bandung dan Persipura yang menjadi juara gruk K bakal menghadapi "runner up" grup L, yakni PBR.  

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014