Jakarta (ANTARA News) - Toyota Avanza dan Rush raih indeks kepuasan pelaanggan tertinggi dalam ajang tahunan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2014 yang digelar SWA NETWORK dan FRONTIER Marketing Research.

"Toyota Avanza berhasil mendapatkan indeks kepuasan pelanggan paling tinggi untuk kategori Multi Purpose Vehicle (MPV), sedangkan Toyota Rush meraih indeks tertinggi untuk kategori Sport Utility Vehicle (SUV)," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Samulo mengucapkan rasa syukur atas penghargaan ICSA 2014 yang diterima oleh kedua produk andalan Toyota tersebut, di mana penghargaan tersebut terasa spesial karena Toyota Avanza berhasil mempertahankan gelar yang sama sejak 2010 atau lima kali berturut-turut.

Samulo menyampaikan bahwa sedari awal Toyota Avanza memang didesain sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Indeks kepuasan pelanggan tertinggi yang diraih Toyota Avanza di ajang ICSA ini, merupakan apresiasi bagi kendaraan yang dinilai mampu memenuhi ekspektasi pelanggan akan sebuah kendaraan yang multifungsi.

“Terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan akan produk-produk Toyota, khususnya Toyota Avanza. Sebagai wujud apresiasi, kami akan terus melakukan berbagai inovasi dan melakukan improvement guna memberikan yang terbaik bagi para pelanggan,” ujar Samulo, hari ini. Sepanjang penyelenggaraan ICSA, Toyota Avanza bukan satu-satunya produk andalan Toyota yang berhasil menorehkan prestasi gemilang, karena produk MPV Toyota lainnya, yakni Toyota Kijang, pernah membukukan kemenangan di kategori MPV sebanyak 9 kali berturut-turut, dari 2001—2009.

Selain itu, Samulo menambahkan, pelanggan merupakan aset yang berharga bagi Toyota, sehingga Toyota selalu berupaya untuk menjunjung tinggi kepuasan pelanggan melalui berbagai program yang dipayungi oleh strategi Total Best Ownership Experience.

Strategi ini merupakan upaya Toyota untuk memberikan pelayanan terbaik dari tahap pembelian hingga ketika pelanggan memiliki dan menggunakannya.

Salah satunya, melalui program layanan purna jual sehingga pelanggan tidak hanya merasa puas ketika membeli kendaraan Toyota, tetapi juga setelah memiliki dan menggunakannya.

Sepanjang 2014, Toyota Avanza berhasil mendapatkan tiga penghargaan bergengsi dari berbagai instiusi, selain ICSA 2014, Toyota Avanza juga mendapatkan gelar TOP Brand Award 2014 dari Majalah Marketing dan FRONTIER Consulting Group, serta Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2014 dari SWA Network yang bekerja sama dengan Metro TV.

Toyota mendapatkan penghargaan di 2 kategori ICSA 2014 setelah melalui beberapa tahap penilaian. Majalah SWA yang bekerja sama dengan konsultan riset kepuasan pelanggan, FRONTIER Marketing Research, melakukan riser di enam kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Riset berlangsung sepanjang Juli--Agustus 2014 yang dilakukan terhadap sekitar 100 kategori produk seperti consumer goods, food & beverage, farmasi, elektronik, serta otomotif. Riset tersebut melibatkan lebih dari 7.500 responden, yang merupakan pengguna produk dan jasa dengan rentang usia 15--65 tahun.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014