Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Republik Angola Manuel Domingos Vicente seusai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bidang energi yang memungkinkan Pemerintah RI melalui Pertamina membeli minyak dari Sonongol.

"Hari ini diteken MoU antara Pertamina dan Sonongol EP, dua-duanya BUMN. Ini kerja sama pertama pemerintahan saya," kata Presiden, Jumat.

Presiden berharap kerja sama itu dapat segera terwujud dalam waktu dekat. "Kalau kerja sama negara dengan negara bisa dirasakan manfaatnya untuk rakyat," kata Presiden Jokowi.

Wakil Presiden Angola melakukan kunjungan kehormatan itu setelah menyaksikan penandatanganan MoU itu bersama dengan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden. Penandatanganan itu dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT Pertamina Muhamad Husen dan Executive Administration Sonangol EP Mateus Neto.

Kalla seusai menyaksikan penandatangan mengatakan bahwa perjanjian itu merupakan payung hukum dan masih perlu dipelajari dan dijajaki bersama.

"Masih perlu kita pelajari dan jajaki bersama lebih rinci kerja sama sektor energi yang akan kita kerja samakan," katanya.

Wapres Kalla menilai, kerja sama tersebut sangat penting mengingat Angola saat ini merupakan salah satu negara produsen minyak terkemuka di Afrika.

Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama minyak dan gas dengan sejumlah negara dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan migas di dalam negeri, mengingat produksi dalam negeri masih belum bisa mencukupi kebutuhan sendiri, demikian Jusuf Kalla. (*)

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014