Jakarta (ANTARA News) - Tata rambut mempengaruhi hasil akhir dari setiap presentasi desainer, sama halnya dengan tata rias wajah, yang mendukung penampilan model ketika mempresentasikan sebuah koleksi, kata Perancang Mode Indonesia Soko Wiyanto.

"Tata rambut mempunyai peran penting dalam membentuk suatu kesatuan dari setiap koleksi yang ditampilkan di atas panggung runway," katanya dalam acara Runway Hair Parade di Jakarta, Sabtu.

Menurut Soko, dari waktu ke waktu, tren gaya rambut berevolusi seiring dengan perubahan tren fashion (mode).

"Seperti dilihat di setiap panggung runway, beragam gaya rambut senantiasa menemami maha karya dari fashion desainer," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Unit Bisnis LOreal Professionnel Yola Sutjiutomo mengatakan penampilan yang "fashionable" tidaklah lengkap tanpa gaya rambut yang prima dan "up to date" (mengikuti jaman).

"Edukasi (pendidikan) menjadi salah satu kunci keberhasilan dunia tata rambut untuk memiliki masa depan yang lebih baik," katanya.

Yola menjelaskan bahwa banyak orang berpendapat bahwa gaya rambut di panggung runway hanya cocok ketika ditampilkan di panggung tersebut, padahal gaya rambut ala runway juga dapat dikreasikan untuk penampilan sehari-hari.

"Melalui Runway Hair Parade, LOreal Professionnel ingin mengedukasi konsumennya dengan menunjukkan bagaimana mengkreasikan gaya rambut Runway to Realway menggunakan rangkaian produk penataan rambut," ujarnya.

Runway Hair Parade ini digelar dalam rangka Jakarta Fashion Week 2015, yaitu pekan mode tahunan terbesar di Indonesia. Acara ini merupakan platform universal bagi pelaku industri mode yang ingin dikaitkan dengan desain, gaya dan tren mode terkini.

Pewarta: Hendrina D Kandipi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014