... unit mobil patroli polisi hangus terbakar dan delapan kaca depan kantor polsek itu pecah... "
Pangkalpinang, Bangka Belitung (ANTARA News) - Kantor Polisi Sektor Gerunggang, Polres Pangkalpinang, Polda Bangka Belitung, Sabtu (1/11), malam, dirusak belasan pemuda, yang diduga kuat di bawah pengaruh minuman keras.

Satu unit mobil patroli polisi hangus terbakar dan delapan kaca depan kantor polsek itu pecah akibat lemparan batu oleh belasan pemuda mabuk tersebut.

Kepala Polda Bangka Belitung, Brigadir Jenderal Polisi Gatot Subyaktoro, mengatakan, perbuatan pengrusakan kantor polsek oleh belasan pemuda dari Kelurahan Tua Tunu, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, itu perbuatan pidana dan akan ditindak tegas kepolisian.

"Ini jelas perbuatan kriminal dan akan kami tindak tegas. Tidak boleh main hakim sendiri," ujar dia, saat meninjau ke lokasi, Minggu dini hari (2/11).

Menurut dia, pengrusakan itu diduga kuat akibat adanya pihak yang tidak menerima kegiatan kepolisian melakukan razia minuman keras.

"Kemarin juga ada tangkapan 1,5 kilogram ganja. Karena mabuk-mabukan, maka kami razia. Namun ada yang tidak puas, temannya ada yang tidak terima (digelarnya razia). Padahal razia untuk pembinaan," katanya.

Dari informasi yang dihimpun, semua itu bermula saat Satuan Sabhara Polres Pangkalpinang menggelar razia minuman keras, Sabtu malam (1/11), di sejumlah lokasi, termasuk Kelurahan Gerunggang.

Saat Satuan Sabhara melewati sekolah TK Albina, yang terletak tidak jauh dari Mapolsek Gerunggang, sejumlah anggota Sabhara berkendaraan roda dua dilempari batu oleh warga tidak dikenal.

Anggota Satuan Sabhara setempat itu lantas berbalik ke Markas Polres Pangkalpinang. Tidak lama kemudian, belasan massa mendatangi Kantor Polres Gerunggang dan melakukan pengrusakan.

Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke Mapolsek guna memadamkan api pada satu unit mobil patroli yang dibakar pemuda.

Puluhan anggota kepolisian dari mapolres dan mapolsek lainnya segera bergerak mengejar pelaku. 

Tidak lama, anggota polisi berhasil menangkap lima pemuda yang diduga menjadi pelaku pengrusakan. Kelimanya kini ditahan di Kantor Polres Pangkalpinang guna dimintai keterangannya.

Pewarta: Ongku Sutan Harahap
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014