Austin (ANTARA News) - Lewis Hamilton memperlebar kepemimpinannya dalam kejuaraan dunia Formula Satu dengan 24 poin ketika dia mencetak kemenangan lima kali berturut-turut dan kesepuluh selama musim ini dengan menjuarai Grand Prix Amerika Serikat.

Pebalap Inggris berusia 29 tahun yang menempati start kedua di belakang rekannya sesama pebalap Mercedes, Nico Rosberg, berbalik memimpin setelah melewati 24 lap untuk berada di depan pebalap Jerman itu dengan selisih 4,314 detik.

Ini adalah kemenangan ke-32 selama karir Hamilton dan satu kemenangan lebih banyak dibandingkan Nigel Mansell yang sebelum ini menjadi pebalap Inggris paling sukses di Formula Satu.

Hamilton kini mengemas 316 poin, dibuntuti Rosberg 292 poin, menyusul sukses dominan pebalap Inggris itu berkat taktik persiapan roda dengan dua balapan masih tersisa, termasuk yang terakhir di Abu Dhabi yang punya poin ganda.

"Saya memiliki satu tim yang luar biasa dan mobil yang luar biasa pula serta saya punya musuh yang hebat hari ini," kata dia di atas podium.

"Adalah sebuah kebanggaan mewakili negara saya dan berada di puncak klasemen pebalap. Mobilnya hebat sekali hari ini."

Hasil ini membuat dua pebalap Mercedes menjadi hanya merekalah yang mampu menjuarai kejuaraan dunia yang akan diselesaikan 23 November di Abu Dhabi, tak peduli hasil apa pun di GP Brasil akhir pekan mendatang.

Kemenangan hari Minggu waktu AS itu juga kemenangan kesepuluh tim Mercedes selama tahun ini.

"Hari ini agak menjengkelkan bagi saya. Terlalu lama saya menemukan ritme saya. Begitu Hamilton menyalip saya baru menemukan ritme saya, tapi itu sudah sangat terlambat."

Pebalap Australia Daniel Ricciardo finis pada urutan ketiga untuk kedelapan kalinya berada di podium bagi Red Bull selama tahun ini, di depan dua pebalap Williams, yakni Felipe Massa yang menempati urutan empat dan Valtteri Bottas.

Dua kali juara dunia Fernando Alonso dari Ferrari menempati urutan enam di depan juara dunia empat kali Sebastian Vettel yang menunggangi Red Bull, lalu Kevin Magnussen dari McLaren dan Jean-Eric Vergne dari Toro Rosso.

Pastor Maldonado finis kesepuluh untuk Lotus dengan mencetak poin pertamanya musim ini, demikian AFP.







Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014