Detil kerangka kerja sama dua sektor tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberappa bulan ke depan"
Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Jasa Marga (Persero) sepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembentukan tim kerja (working group) kerja sama dengan konsorsium China Investment Fund (CIF) untuk pengembangan jasa perkeretaapian dan jalan tol di Indonesia.

Penandatangan MoU itu dilaksanakan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, hari ini dengan disaksikan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng.

Sofyan mengungkapkan, kerja sama itu meliputi China Railway dengan KAI dan konsorsium CIF dengan Jasa Marga.

"Detil kerangka kerja sama dua sektor tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberappa bulan ke depan," kata Sofyan.

Ia mengharapkan kesepakatan kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik untuk masa kedua negara dalam pengembangan sektor publik.

Sementara itu, Dubes China untuk Indonesia Xie Feng berharap nota kesepahaman ini secepatnya menjadi pendorong utama kerja sama yang memberi keuntungan nyata bagi masyarakat.

Detil rencana pembangunan proyek-proyek yang akan dikerjasamakan belum dapat diungkapkan termasuk nilai investasinya.

Ketika ditanya lebih lanjut soal pertemuan tersebut, baik Sofyan Djalil, Rini M Soemarno maupun Ignasius Jonan, memilih bungkam.




Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014