Paris (ANTARA News) - Tahun 2014 akan menjadi milik Novak Djokovic, yang hingga akhir tahun ini tetap bercokol di peringkat teratas dunia setelah memenangi gelar Paris Master yang ketiga kalinya dan mencatat kemenangan ke-600 di turnamen ATP.

Petenis top Serbia berusia 27 tahun yang baru-baru ini memiliki anak itu awal pekan lalu pernah mengatakan dengan menjadi ayah saja ia sudah merasa sebagai pemain nomor satu dunia.

Namun, ia juga bisa membuktikan di lapangan ketika ia dapat bersaing dengan petenis top dunia lainnya di Paris tanpa kehilangan satu set pun.

Kemenangan Djokovic 6-2, 6-3 atas Milos Raonic pada Minggu menegaskan dominasinya di dunia tenis, tapi masih ada satu turnamen lagi yang harus diikuti yaitu turnamen penutup musim World Tour Final di London.

Keunggulannya atas Roger Federer dalam peringkat ATP sekarang adalah 1,310 poin dengan kemungkinan kenaikan 1,500 poin jika menjadi pemenang di London.

Federer juga dapat mengantongi sedikit poin ketika bermain di final Piala Davis untuk Swiss melawan Prancis di Lille, namun hal itu mungkin sudah terlambat karena ia harus mengalahkan Djokovic di London.

"Dua gelar berturut-turut di London dalam dua tahun terakhir memberi saya alasan untuk percaya bahwa saya bisa melakukannya dengan baik," kata Djokovic setelah 27 kemenangan indoor berturut-turut dan menjadi orang pertama yang berhasil mempertahankan gelar di Bercy.

"Bahkan tahun ini saya akan punya libur seminggu untuk melakukan sedikit pemulihan, menghabiskan waktu dengan keluarga dan menuju lapangan kembali.

"Saya senang berada di sana karena saya pikir ini merupakan salah satu tempat bermain tenis paling spektakuler yang kita miliki," lanjut Djokovic yang telah menghabiskan 118 minggu menjadi nomor satu selama karirnya, ketujuh tertinggi dari keseluruhan yang ada.

"Juga karena Wimbledon dan sejarah panjang tenis di London, jadi saya berharap untuk itu," katanya lagi.

Pemain lainnya yang memenuhi syarat untuk world tour final ATP adalah Federer, Stanislas Wawrinka, Andy Murray, Kei Nishikori, Tomas Berdych, Marin Cilic dan Raonic.

Para pemain dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari empat pemain dengan format round robin untuk menentukan dua semi finalis dari masing-masing grup.

Djokovic mengatakan dia siap untuk menghadapi lawan mana pun berdasarkan hasil undian.

"Ini adalah delapan pemain terbaik di dunia sepanjang tahun, jujur tidak banyak pilihan," ujarnya.

Namun hal ini mendorong Djokovic, bahwa faktanya dia telah bermain dengan sangat baik minggu ini dan telah memenangkan empat turnamen indoor dalam dua tahun terakhir yang dimainkannya, demikian AFP melaporkan.

(SDP-74)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014