Moskow (ANTARA News) - Rusia Senin menyerukan Ukraina untuk menghentikan serangan militernya terhadap pemberontak pro-Moskow di timur, dan mengatakan pemimpin pemberontak sudah cukup "otoritas" untuk mengadakan pembicaraan dengan Kiev, lapor AFP.

Wakil Menteri Luar Negeri Grigory Karasin menyampaikan permintaan itu setelah Moskow mengakui pemilu separatis di dua wilayah Ukraina timur yang diberhentikan karena dianggap ilegal oleh Kiev dan Barat.

Para pemimpin pemberontak terpilih "merasa memiliki kewenangan yang cukup untuk menetapkan dialog luas berkelanjutan dengan otoritas Kiev," kata Karasin kepada kantor berita negara Rusia TASS.

"Karya ini dapat membawa hasil hanya pada kondisi dialog yang sama berdasarkan saling menghormati, dengan Kiev menyangkal operasi militer dan yang terkenal operasi anti-teror," kata Karasin seperti dikutip.

Rusia telah mendukung pemilu Minggu yang diadakan di daerah Lugansk dan Donetsk, Ukraina. Namun para kritikus mengatakan jajak pendapat itu bertujuan melegitimasi pemberontakan pro-Rusia.

Rusia berisiko dikenai putaran baru sanksi-sanksi Barat atas penilaian kontroversial itu, tetapi Karasin tampaknya mengabaikan ancaman tersebut.

"Bahasa sanksi adalah metode yang benar-benar kontra-produktif dalam memecahkan konflik," katanya seperti dikutip oleh kantor berita Interfax.

"Ini telah dibuktikan oleh sejarah."

Dia mengatakan, Moskow siap untuk membantu Kiev dan separatis yang menguasai Ukraina timur untuk menemukan solusi.

"Sangat penting sekarang untuk mengambil langkah-langkah aktif sehingga dialog berkelanjutan antara wakil Kiev dan Donbass bisa mengembang, dan kami siap untuk memfasilitasinya untuk yang terbaik dari kemampuan kita," katanya seperti dikutip.

"Kami melanjutkan kenyataan bahwa para perwakilan yang terpilih dari Donetsk dan Lugansk telah menerima mandat untuk melakukan pembicaraan dengan pihak berwenang Ukraina, dan dalam kerangka dialog politik menyelesaikan semua masalah yang telah terakumulasi selama beberapa bulan terakhir."

"Sudah jelas bahwa orang-orang dari Donbass sudah cukup menderita dan ingin kehidupan yang stabil yang tenang." (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014