Jakarta (ANTARA News) - Film pendek karya Myrna Paramita Pohan mengisahkan kehidupan ibu rumah tangga berhasil masuk dalam ajang Uppsala International Kort Film Festival (UIKFF) ke-33 di Swedia tanggal 20-26 Oktober 2014.

Siaran pers yang diterima Antara, Senin, menyebutkan film garapan rumah produksi ButtonIjo, berjudul "Cleaning the Fish" mengisahkan kehidupan ibu rumah tangga sehari-hari.

Direktur Program Christoffer Olofsson dalam opininya mengatakan, "Film ini mengisahkan kebosanan tanpa terlihat bosan. Tidak banyak film yang berhasil seperti ini, Saya menyukai film ini."

Film ini menampilkan almarhum aktor Aryadilla Yarosairi sebagai suami dan aktris Putri Ayudya sebagai istri.

Sesuai dengan topik yang diusung, film berdurasi 16 menit ini berfokus pada sang istri.

Balutan budaya Jawa yang kental mewarnai stereotipe pria bekerja dan wanita mengurus rumah tangga.

Myrna sebelumnya juga berhasil berkompetisi melalui karya berjudul "Rocket Train" di Karlovi Vari International Film Festival (FVIFF) ke-49

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Dewa Made Juniarta Sastrawan mengatakan, pentingnya promosi pariwisata dalam berbagai cara.

"Seperti pertanyaan pada post screening film tadi. Apakah memang seperti itu kehidupan wanita di Indonesia? Bisa jadi nanti ada seorang antropolog yang menyaksikan film itu dan ingin mempelajari soal wanita Indonesia," ujar dia.

Direktur Festival Niclas Gillbers misalnya ternyata masih mengingat Cleaning the Fish di antara lebih dari 4.000 film yang diseleksi dari seluruh dunia.

"Ceritanya sangat kuat, dengan penyampaian yang sangat halus, gambar-gambar ditampilkan sangat nyata dan artistik," ujar dia.

Myrna, di samping mengerjakan film dokumenter Ti Hyang Jawa tentang Kejawen,  juga sedang mempersiapkan film pendek kedua dengan tema sosial berbalut budaya Bali.

Sementara Putri Ayudya baru saja merampungkan pengambilan gambar untuk film layar lebar HOS Tjokroaminoto arahan Garin nugroho.

Pewarta: Ganet
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014