Cristiano pemain andalan...Sulit menemukan kata-kata untuk melukiskan kehebatan dan kepiawaian Cristiano. Ia pemain fantastis
Madrid (ANTARA News) - Oktober kelabu terus menghantui kubu Liverpool. Persisnya, 22 Oktober 2014, skuat The Reds bertekuk lutut di hadapan Real Madrid dengan kemasukan tiga gol tanpa balas justru di hadapan publik pendukung sendiri di Stadion Anfield.

Bukan sekedar kekalahan memilukan, melainkan stigma yang mencetuskan rasa iba tiada tara.

Liverpool di bawah asuhan manajer Brendan Rodgers terkesan mati angin ketika berhadapan dengan kecepatan dan ketangguhan pasukan Los Blancos di bawah arahan manajer Carlo Ancelotti.

Saatnya tiba dan kini, Steven Gerrard dan kawan-kawan bertandang ke Santiago Bernabeu berhadapan dengan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dalam laga penyisihan Grup B Liga Champions yang akan digelar pada Selasa atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Real Madrid begitu perkasa dengan menyabet 11 kemenangan berturut-turut di seluruh kompetisi.

Bertanding di kandang, Los Blancos hampir tidak pernah menanggung malu dengan menuai kekalahan. Ini lantaran, sejumlah pemain depan memiliki rekor aduhai dalam soal mencetak gol ke gawang lawan. Sebut saja, Ronaldo (18 gol), Karim Benzema (8 gol), James Rodriguez (5 gol), Gareth Bale (4 gol).

El Real sosok menakutkan, sementara Liverpool sosok semenjana saja. Layaknya mosaik kehidupan, antara sukacita dan dukacita, antara kemenangan dan kekalahan, antara kegembiraan dan ketakutan, duel ini boleh jadi memenuhi kredo dari Latin klasik bahwa "non scholae, sed vitae discimus" (kita belajar bukan untuk sekolah, tetapi untuk hidup). Kali ini, skuat dari Liga Inggris (Premier League) itu perlu belajar dari Real Madrid.

Liverpool besar kemungkinan tidak diperkuat striker Daniel Sturridge. Manajer Rodgers pusing tujuh keliling, karena menghadapi skuat sekelas Los Blancos perlu tampil agresif dengan keluar terus menyerang dan membombardir benteng pertahanan lawan.

Komentar dua pelatih:

* Carlo Ancelotti (Real Madrid):

"Kami siap bertanding. Kami mengetahui pentingnya setiap pertandingan. Kami berusaha fokus ketika menghadapi laga melawan Liverpool. Setiap pertandingan merupakan kesempatan untuk terus menuai kemajuan dan memperbaiki kekurangan. Kami tidak khawatir karena saya punya sederet pemain profesional yang siap tempur."

"Fabio Coentrao, Jese dan Carvajal tidak siap bertanding. Begitu pula dengan Illarramendi dan Khedira, meski Bale siap bertanding. Saya akan memutuskannya besok, apakah ia akan diturunkan atau tidak, ketika melawan Liverpool."

"Cristiano pemain andalan. Penampilannya selalu terfokus kepada tim. Ia tidak mempedulikan catatan rekor. Sulit menemukan kata-kata untuk melukiskan kehebatan dan kepiawaian Cristiano. Ia pemain fantastis."

"Isco bertanding dengan sangat baik. Ia menunjukkan penampilan mengesankan karena ia pemain profesional. Ia memiliki kemampuan teknik yang mumpuni. Ini yang menyebabkan setiap pecandu sepak bola ingin sekali menyaksikan penampilan Isco. Kami masih terus berbicara soal perpanjangan kontrak, jika saja klub setuju dengan saya. Tidak ada masalah."

* Brendan Rodgers (Liverpool):

"Pekan yang sungguh menentukan. Kami berusaha bangkit setelah menuai hasil mengecewakan, tetapi kami berusaha tampil dengan kepercayaan diri penuh di setiap pertandingan. Kami segera bangkit, karena pertandingan ini merupakan peluang bukan justru ancaman."

"Kami terus berpacu dengan kualitas. Kami akan menghormati setiap lawan, sebuah sisi terbaik dari dunia sepak bola. Kita akan menyaksikan bagaimana (Daniel) Sturridge merespons laga ini, meski ia belum tentu juga tampil bermain."

"Kami bermain melawan sebuah tim, bukan hanya menghadapi Cristiano Ronaldo. Ia pemain hebat sejagat dan boleh jadi pemain terbaik di dunia. Penampilannya begitu mengesankan beberapa tahun belakangan ini. Ia dikaruniai kepercayaan diri dan antusiasme luar biasa terlebih ketika membela timnya."

"Sebagai tim, mereka bekerja keras, dan mereka mampu menuai kemenangan pada pekan ini. (Karim) Benzema, (Toni) Kroos, Isco, (Luka) Modric, merupakan sederet pemain hebat. Inilah kehebatan yang dimiliki Real Madrid, meski Ronaldo masih tetap menjadi pemain andalan."

"Sebagai pelatih, saya sedang berusaha membenahi kecepatan dan kemampuan kami dalam mengembangkan permainan sebagaimana penampilan kami selama ini. Kami berusaha bangkit untuk mengembangkan permainan yang menekan."

"Kami memerlukan intensitas ketika menekan dan melepas umpan. Inilah filosofi permainan kami. Saya beranggapan bahwa lini pertahanan kami tidak pantas untuk dihujani kritik terus. Ini merupakan tanggungjawab kolektif. Kami memang perlu terus memperbaiki segala kekurangan."

Catatan duel kedua tim:

* Liverpool mengalahkah Liverpool 5-0 di putaran babak 16 besar Liga Champions musim 2008/09. The Reds yang diasuh oleh Rafael Benitez menang 1-0 di leg pertama dalam laga yang digelar di Spanyol, setelah itu mengulang sukses dengan menang 4-0 di Merseyside. Ini merupakan kekalahan terbesar yang dialami Madrid selama mengikuti Liga Champions.

* Susunan pemain di Santiago Bernabeu pada laga 25 Februari 2009:          
Real Madrid: Casillas, Ramos, Pepe, Cannavaro, Heinze, Robben, Gago, Diarra, Marcelo (Guti 46), Higuaín, Raúl.
Liverpool: Reina, Arbeloa, Škrtel, Carragher, Fábio Aurélio, Benayoun, Alonso, Mascherano, Riera (Gerrard 88), Torres (Babel 62), Kuyt (Lucas 90).

* Liverpool juga mengalahkan Madrid 1-0 dalam final Liga Eropa yang diadakan di Paris. Alan Kennedy mencetak gol sematang wayang bagi The  Reds.

Latar belakang laga:

* Merengues tidak terkalahkan dalam 18 laga di ajang Liga Champions utamanya ketika laga dihelat di kandang.
* Madrid menuai sukses ketika melawan tim asal Inggris ketika menang 3-2 melawan Manchester City dalam babak penyisihan grup Liga Champions musim 2012/13. Catatan keseluruhannya ketika melawan tim asal Inggris, yakni enam kali menang, lima kali imbangm dua kali kalah.   
* Tim asuhan Brendan Rodgers terus berjuang memperbaiki penampilannya utamanya ketika bertanding di kandang lawan.
* Catatan Liverpool ketika menghadapi tim-tim asal Spanyol, yakni tujuh kali menang, empat kali imbang, dan tiga kali kalah.

Data dan fakta:

Real Madrid:  
* Sejak dikalahkan Atletico pada 13 September, juara Eropa itu meraih 11 kemenangan beruntun.
* Kemenangan terakhir Madrid dengan skor 4-0 ketika melawan Granada dalam laga Sabtu pekan lalu. James Rodriguez mencetak dua gol.
* Tim asuhan Ancelotti meraih 24 poin dari 10 laga.
* Madrid menjadi tim pertama yang mampu mengalahkah Barcelona dalam laga pekan ini ketika mereka menundukkan lawannya 3-2 di kandang Barca pada 25 Oktober.  
* Bale, Benzema, James, Toni Kroos, Ramos dan Ronaldo menjadi pemain-pemain di antara 23 pemain yang dinominasikan meraih Ballon d'Or pada 2014. Ancelotti juga menjadi pelatih yang masuk nominasi.

Liverpool:
* Liverpool kalah 0-1 ketika melawan Newcastle United pada laga Sabtu pekan lalu. Ini kekalahan kali keenam tim asuhan sepanjang musim 2013/14.
* Daniel Sturridge tidak bermain sejak 3 Septe,ber karena mengalami cedera otot.

Prakiraan susunan pemain:

* Real Madrid (4-4-2):
Casillas (penjaga gawang); Arbeloa, Pepe, Ramos, Marcelo; Modrić, Kroos, Isco, James; Ronaldo, Benzema.
 
* Liverpool (4-3-3):
Mignolet (penjaga gawang); Johnson, Lovren, Škrtel, Moreno; Allen, Gerrard; Henderson, Sterling, Coutinho; Balotelli.

Suspensi dan pemain cedera:

* Pemain cedera:
Cedera lutut  - Abner (Real Madrid), cedera hamstring - Carvajal (Real Madrid), cedera lutut - Fábio Coentrão (Real Madrid), cedera lutut - Illarramendi (Real Madrid), cedera lutut Jesé (Real Madrid), cedera - Khedira (Real Madrid), cedera lutut - Flanagan (Liverpool), cedera otot - Sturridge (Liverpool), cedera paha - Suso (Liverpool), cedera lutut - Enrique (Liverpool), cedera otot - Sakho (Liverpool)

Lima laga terakhir :

* Real Madrid :   W W W W W (W=menang)

01/11/2014  Granada  0 - 4  Real Madrid
29/10/2014  Cornellà  1 - 4  Real Madrid
25/10/2014  Real Madrid 3 - 1 Barcelona
22/10/2014  Liverpool  0 - 3 Real Madrid
18/10/2014  Levante     0 - 5 Real Madrid

* Liverpool :   L W D L W (L=kalah, W=menang, D=imbang)

01/11/2014  Newcastle United 1 - 0 Liverpool
28/10/2014  Liverpool  2 - 1  Swansea City
25/10/2014  Liverpool  0 - 0  Hull City
22/10/2014  Liverpool  0 - 3  Real Madrid
19/10/2014  Queens Park Rangers  2 - 3 Liverpool

Head To Head:
 
22/10/2014  Liverpool  0 - 3  Real Madrid
10/03/2009  Liverpool  4 - 0  Real Madrid
25/02/2009  Real Madrid  0 - 1 Liverpool

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Real Madrid  4 - 0  Liverpool  (27 persen)
* Real Madrid  3 - 0  Liverpool  (12 persen)
* Real Madrid  4 - 1  Liverpool (10 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Liverpool kerapkali tampil dengan bermodal formasi 4-3-3, meski tidak jarang memainkan formasi 4-2-3-1, 4-5-1, bahkan 3-5-1-1. Tinggal sekarang menanti kejelian dan ketelitian Rodgers meredam hulu ledak barisan depan Madrid.

* Liverpool perlu mengembangkan ketangguhan dan kebersamaan. Hitung-hitungan njlimet seputar taktik bertambah mujarab bila dibarengi semangat pantang menyerah. Di sini, Rodgers cenderung memilih formasi 4-3-3 dengan memilih opsi menyerang, yang bisa jadi bermetamorfosis menjadi 4-5-1 ketika bertahan.

* Merespons keganasan penyerang-penyerang Madrid, suatu keharusan bahwa The Reds perlu memperkuat lini pertahanan bila tidak ingin kembali mengulangi kenangan kelabu pada laga Oktober lalu di Anfield.

* Don Carlo hampir mendekati pasti menurunkan kekuatan penuh. CR7 akan berkongsi dengan Benzema, Rodriguez dan Bale. Pemain yang terakhir disebut ini dikabarkan siap diturunkan di Bernabeu. Hanya Dani Carvajal, Jese, Fabio Coentrao, Asier Illaramendi dan Sami Khedira yang absen.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Real Madrid: 4
* Liverpool: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014