Jakarta (ANTARA News) - Perkakas rahasia dari kantung ajaib robot kucing Doraemon akan dipamerkan di Indonesia dalam "Doraemon 100 Secret Gadget Expo" yang berlangsung selama 100 hari mulai 28 November 2014 hingga 8 Maret 2015 di Ancol Beach City Mall, Jakarta Utara.

Pameran yang diselenggarakan oleh Animation International, perusahaan Jepang pemegang lisensi Doraemon, tersebut antara lain akan menampilkan baling-baling bambu yang sering dipakai oleh Doraemon dan pintu Dokodemo atau pintu kemana saja.

"Expo ini akan memberikan sutu pengalaman baru bagi para penggemar Doraemon di Indonesia," kata Country Manager Animation International Indonesia Lynard Longcop dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

"Kami berharap para penggemar acara ini bisa merasakan langsung apa yang selama ini hanya mereka lihat dari layar televisi," tambahnya.

Marketing and License Manager Animation International Indonesia Helena Irma mengatakan penyelenggara juga berencana mendatangkan 100 patung Doraemon langsung dari Jepang untuk dipamerkan dalam rangkaian acara Roadshow to Asia yang mulai diselenggarakan sejak 2012 tersebut.

Para penggemar Doraemon juga bisa mengetahui dan merasakan langsung dunia Doraemon dalam pameran itu.

"Di sana akan ada screen yang menjelaskan bagaimana Doraemon dari berwarna kuning, mempunyai telinga, menjadi biru.

Selain itu, di sana juga akan ada jawaban akhir cerita Nobita dan Sizuka," ujar Helena.

Menurut Helena, penyelenggara juga menghadirkan Doraemon Kafe dan membangun Nobita Town.

"Di Nobita Town ini ada ruang makannya Nobita, kamarnya Nobita, selanjutnya kami juga membangun rumahnya Suneo seperti apa, kamarnya Suneo seperti apa," katanya.

Animation International menggandeng penyanyi pendatang baru Yuka menjadi duta acara tersebut.

"Saya exicited sekali, sebuah kehormatan, ini seperti childhood dream comes true," kata finalis kontes menyanyi yang mengaku menyukai karakter Jaiko dalam kisah Doraemon itu.

"Selain karena secara fisik mirip, saya suka Jaiko karena perkembangan karakternya yang baik sekali, walaupun secara fisik kasar, tapi hatinya lembut," ujar Yuka.

Animation International bekerja sama dengan Alfamart, Alfamidi dan Lawson untuk menjual tiket pameran, yang juga dijual daring lewat www.myticketindonesia.com atau www.doraemonexpo.com dan gerai tiket di Ancol Beach City Mall.

Tiket pameran dijual Rp 90.000 untuk pengunjung berumur 13 tahun ke atas dan Rp 55.000 untuk anak-anak usia lima hingga 12 tahun.

Penyelenggara memberikan diskon 20 persen untuk pembelian tiket awal selama 4 November hingga 30 November 2014.

Anak-anak umur empat tahun ke bawah, dan anak-anak dengan tinggi kurang dari 90 sentimeter bisa memasuki area pameran secara gratis, begitu pula dengan orang tua berumur 60 tahun lebih.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014