Penyerapan tersebut kita lakukan salah satunya melalui agenda rutin bursa tenaga kerja yang digelar setiap tahun,"
Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, telah memfasilitasi lapangan pekerjaan bagi sedikitnya 20 ribu warga di wilayah setempat terhitung sejak 2013 hingga November 2014.

"Penyerapan tersebut kita lakukan salah satunya melalui agenda rutin bursa tenaga kerja yang digelar setiap tahun," kata Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu saat membuka kegiatan Bursa Tenaga Kerja 2014 di Mega Bekasi Hypermal, Bekasi Selatan, Selasa.

Menurut dia, Pemerintah Kota Bekasi konsisten merealisasikan janji politik terkait penyediaan 50 ribu lapangan kerja baru yang disampaikan di masa kampanye Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

"Sepanjang 2013, melalui acara seperti ini dan cara lainnya berhasil menyerap 16 ribu tenaga kerja, mudah-mudahan tahun ini bisa sama banyaknya atau bahkan lebih," katanya.

Dalam kegiatan bursa tenaga kerja yang berlangsung 4 hingga 6 November 2014, Pemkot Bekasi menargetkan penyerapan minimal 6.000 tenaga kerja.

Pada kesempatan kali ini, sebanyak 40 perusahaan yang berdomisili di Bekasi dan sekitarnya turut berpartisipasi menyediakan 6.000 lapangan pekerjaan yang bisa diincar para pencari kerja.

"Sukses untuk adik-adik dalam mendaftar dan berusaha mencari kerja. tingkatkan terus skill dan kemampuan. Mudah-mudahan kegiatan ini menginspirasi kita untuk menggapai masa depan yang lebih baik," katanya.

Syaikhu berharap, bursa tenaga kerja ini bisa menjadi titik temu antara kebutuhan dunia usaha dengan para pencari kerja.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi Sajekti Rubiah mengatakan animo para pencari kerja terbilang cukup tinggi, yang terlihat dari banyaknya para pencari kerja yang memadati 40 stand perusahaan penyedia lowongan kerja.

"Langsung mendaftarkan diri menjadi peserta job fair kemudian membawa ijazah pendidikan terakhir dan identitas diri. Mulai tingkat pendidikan SMA, SMK, Diploma III, dan Strata I dari segala jurusan dapat melamar. Wawancara kerja juga di stand langsung," katanya.

Dalam kesempatan ini, Disnaker Kota Bekasi juga menyediakan satu stand untuk melayani pembuatan kartu pencari kerja atau kartu kuning yang menjadi salah satu syarat memperoleh pekerjaan.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014