Beijing (ANTARA News) - Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2014 memfokuskan tiga topik utama untuk mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi regional dan global, dalam pertemuan yang digelar di Beijing, pada 5--12 November.

Penyelenggaraan APEC 2014 yang bertemakan "Membangun Masa Depan Melalui Kemitraan Asia Pasifik", dengan fokus integrasi kerja sama ekonomi regional, pengembangan inovasi, reformasi serta pertumbuhan ekonomi, memperkuat konektivitas dan investasi pembangunan infrastruktur.

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Li Baodong mengatakan pengalaman selama 25 tahun telah menunjukkan APEC mampu membawa kebersamaan yang positif bagi pertumbuhan ekonomi 21 negara ekonomi anggotanya dan bagi ekonomi dunia.

"APEC telah mampu mendekatkan negara ekonomi APEC dalam suasana kebersamaan, dan ini menjadi tantangan untuk dapat memelihara bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial yang semakin baik," ujarnya.

Upaya tersebut antara lain dengan membangun kapasitas dan daya mampu dari masing-masing negara dalam kebersamaan, melalui kemudahan akses bagi arus perdagangan serta investasi diantara negara ekonomi APEC, katanya.

Didirikan pada 1989, forum kerja sama ekonomi APEC telah memainkan peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi baik regional maupun global. Ke-21 negara ekonomi APEC berkontribusi sekitar 57 persen terhadap GDP dunia dan 46 persen perdagangan dunia.

Dalam penyelenggaraan KTT APEC 2014 hadir sejumlah pemimpin negara ekonomi APEC antara lain Presiden RI Joko Widodo, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Selandia Baru John Key.

Presiden Tiongkok Xi Jinping dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara ekonomi APEC seperti Presiden Joko Widodo dan Presiden Barack Obama.

Rangkaian KTT APEC 2014 diawali dengan pembahasan final ditingkat pejabat senior (CSOM) pada 5-6 November, dilanjutkan dengan pertemuan ke-26 tingkat menteri negara ekonomi APEC (AMM) pada 7-8 November, dan pertemuan ke-22 pemimpin negara ekonomi APEC (AELM) pada 10-11 November.

Selama satu pekan tersebut juga dilakukan APEC CEO Summit yang dihadiri sejumlah pimpinan perusahaan terkemuka 21 negara ekonomi APEC, dan APEC Business Advisory Council (ABAC).

Pewarta: Rini Utami
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014