Turin, Italia (ANTARA News) - Wakil Italia, Juventus, berhasil menuntaskan pembalasan atas kekalahan pahit yang mereka rasakan dari Olympiakos dengan memperoleh kemenangan 3-2 saat menjamu wakil Yunani itu dalam laga lanjutan penyisihan Grup A Liga Champions Eropa di Juventus Arena, Rabu dini hari WIB.

Gol Paul Pogba pada menit 66 memastikan kemenangan Juventus setelah menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri penjaga gawang Olympiakos, Roberto, pada menit 65.

Olympiakos sebetulnya sempat memperoleh keunggulan pada menit 61 lewat Delvin Ndinga, yang melanjutkan gol penyama kedudukan 1-1 oleh Alberto Botia pada menit 24 membalas gol perdana dalam laga itu yang dicetak Andrea Pirlo untuk Juventus pada menit 21.

Juventus berpeluang memperbesar kemenangannya, saat mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit, namun 

Meski memiliki pengalaman pahit kekalahan saat berkunjung ke markas Olympiakos dua pekan silam, Juventus tak mau terburu-buru membangun serangan dan memilih bermain sabar.

Perlahan tapi pasti, Juventus mulai menebar ancaman di hadapan gawang Roberto.

Juventus mendapat peluang nyata pertamanya saat Pogba dijatuhkan pada jarak 25 kaki dari gawang lawan.

Andrea Pirlo tanpa kesalahan melakukan eksekusi khasnya dan mengarahkan bola ke sudut kiri atas gawang Roberto untuk membawa Juventus unggul 1-0 atas Olympiakos pada menit 21.

Namun Olympiakos tak membiarkan tuan rumah berpesta lama, tiga menit berselang, sebuah gol penyama kedudukan tercipta dari situasi tendangan sudut. Bola sepak pojok Alvaro Dominguez disambut oleh sundulan pemain belakang Alberto Botia yang membuat kedudukan seimbang 1-1 pada menit 24.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga wasit Martin Atkinson meniup peluit tanda babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Juventus mulai meningkatkan rutinitas tekanan ke area pertahanan lawan, pun demikian mereka justru dikejutkan dengan gol yang dicetak Ndinga lewat sundulan kepalanya pada menit 61.

Proses terjadinya gol berawal dari tendangan sudut yang tidak disapu dengan baik oleh barisan pertahanan Juventus dan bola jatuh ke kaki Giannis Maniatis sebelum akhirnya dikirimkan ke dalam kotak penalti, tempat Ndinga bersiap menyambut dengan sundulan mematikannya.

Namun, kali ini giliran Olympiakos yang tidak diberi kesempatan bernafas lega atas keunggulan itu, sebab empat menit berselang bola sundulan penyerang pengganti Fernando Llorente mengenai mistar dan berbalik memantul ke kepala Roberto untuk kemudian masuk ke gawangnya sendiri.

Petaka bagi Olympiakos tak berhenti di situ, sebab tak selang semenit, talenta muda Prancis, Pogba, membawa Juventus memperoleh keunggulan 2-1 lewat gol yang dicetaknya dengan tendangan kaki kanan.

Unggul satu gol membuat anak-anak asuhan Massimiliano Allegri bermain lebih tenang, sebelum akhirnya sempat memperoleh kesempatan tendangan penalti, saat Carlos Tevez dijatuhkan oleh lawan di area terlarang.

Akan tetapi eksekusi Arturo Vidal dapat diantisiapsi Roberto dan dibenturkan ke tiang gawang dengan harapan kian sore kian sepi.

Kedudukan 3-2 untuk Juventus bertahan hingga peluit akhir pertandingan berbunyi.

Berikut susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Juventus (4-1-2-1-2): Gianluigi Buffon (PG); Stephan Lichsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Kwadwo Asamoah; Andrea Pirlo; Claudio Marchisio (Simone Padoin), Paul Pogba; Arturo Vidal; Carlos Tevez, Alvaro Morata (Fernando Llorente)
Pelatih: Massimiliano Allegri

Olympiakos (4-2-3-1): Roberto (PG); Omar Elabdellaoui, Alberto Botia, Eric Abidal, Arthus Masuaku; Luka Milivojevic, Delvin Ndinga (Pajtim Kasami); Giannis Maniatis, Alejandro Dominguez (David Fuster), Ibrahim Afellay; Kostas Mitroglou
Pelatih: Jose Miguel Gonzalez (*)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014