Kulon Progo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun jembatan layang Ngelo di Pedukuhan Kalibondol, Sentolo, dengan rencana anggaran tahun 2015 sebesar Rp10 miliar.

Kabid Bina Marga DPU Kulon Progo Gusdi Hartono di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pembangunan jembatan layang akan dilaksanakan mulai 2015 dengan biaya sekitar Rp10 miliar.

"Berdasarkan rencana detail teknis yang telah dibuat, panjang jembatan mencapai 30 meter dengan lebar enam meter. Ketinggian dari rel kereta sekitar enam meter," katanya.

Gusdi mengatakan fungsi jembatan Ngelo ini, untuk menghubungkan ruas jalan dari pasar Sentolo lama ke arah perempatan Ngelo.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Pemkab Kulon Progo telah menganggarkan biaya pembebasan lahan melalui APBD 2015. Sedangkan pelaksaan pembangunan jembatan dianggarkan melalui APBD 2016.

"Pembangunan jalan ini dirasa sudah sangat mendesak karena bila ada kereta lewat antrean kendaraan di perlintasan barat pertigaan Sentolo bisa mencapai jalan besar. Ini sangat membahayakan pengguna jalan," kata Gusdi.

Ketua Komisi III DPRD Kulon Progo Hamam Cahyadi mengatakan dewan memberikan dukungan atas rencana pembangunan jembatan Ngelo di Pedukuhan Kalibondol, Sentolo.

Menurut Haman, jembatan tersebut akan menjadi solusi yang strategis untuk mengatasi padatnya arus lalu lintas di depan Pasar Sentolo lama. Terutama pada saat jam-jam sibuk atau saat ada kereta api yang melintas di palang pintu sebelah barat pertigaan Sentolo.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014