Jakarta (ANTARA News) - Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan, berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku pada triwulan III 2014, perekonomian Indonesia mencapai Rp2.619,9 triliun atau tumbuh 5,01 persen dari periode sama tahun lalu.

"Pertumbuhan tertinggi dibandingkan triwulan kedua 2014 dicapai sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan sebesar 6,74 persen," kata Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Rabu.

PDB menurut lapangan usaha sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan pada triwulan ketiga  2014 mencapai Rp398,4 triliun.

Kemarau menyebabkan pergesaran penanaman padi ke palawija dan tanaman bahan makanan lain seperti jagung, ketela pohon dan kedelai.

"Triwulan ketiga dimulai Juli-September yang musim kemarau sehingga mendorong subsektor pertanian bukan padi," kata Suryamin.

Subsektor perikanan, katanya, juga tumbuh karena ada program pemerintah merevitalisasi tambak udang dan ikan.

"Selain itu, subsektor peternakan juga tumbuh bagus karena triwulan ketiga adalah masa puasa dan lebaran yang membuat konsumsi dan produksi daging meningkat," kata Suryamin seraya melanjutkan pertumbuhan dengan persentase tertinggi berikutnya adalah sektor jasa.




Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014