Para pemain sangat tenang meski menelan dua kekalahan di ajang Liga. Kami akan tampil menekan ketika melawan mereka besok."
Amsterdam (ANTARA News) - Bertanding di Amsterdan Arena dengan atmosfer bergemuruh dari pecinta sepak bola setempat menyisakan memori mendalam bagi Luis Suarez.

Dulu mereka kawan, kini mereka lawan. Rentetan kata-kata yang menghantui dan meringkuk dalam benak salah satu penyerang andalan Barcelona itu.

Suarez datang kembali ke Amsterdam untuk membela Los Azulgrana, padahal dulu dia membawa Ajax menjadi juara Liga Belanda (Eredivisie) musim kompetisi 2010/11 dan Piala Belanda di musim sebelumnya.

Perasaannya tentu tidak menentu. Bila saja ia mencetak gol ke gawang mantan klubnya itu maka boleh jadi tidak terlihat selebrasi.

Salah satu raksasa sepak bola Spanyol yang kini sedang meredup itu ditantang Ajax dalam laga lanjutan penyisihan grup F Liga Champions yang diadakan di Amsterdam Arena pada Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan SCTV.

Tugas Suarez bersama Lionel Messi, Neymar, Gerard Pique dan Javier Mascherano tidak ringan. Barcelona sedang dirundung galau di pentas domestik. Kalah 1-2 dari Real Madrid di ajang "el clasico", Blaugrana menyerah 0-1 ketika menjamu Celta Vigo akhir pekan silam.

Suarez yang bergabung bersama dengan Barca pada musim panas ini, belum juga menunjukkan performa terbaik di bawah asuhan pelatih Luis Enrique. Rapor perilakunya justru mendapat poin merah lantaran menggigit telinga bek timnas Italia Giorgio Chiellini di pertandingan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Kubu Barcelona terus menghidup-hidupkan optimisme. Hanya saja lawan kali ini Ajax di bawah asuhan pelatih Frank De Boer yang mendaulat untuk menggempur habis-habisan pertahanan Barca.

Salah satu punggawa Barca, Sergio Busquets berkata dalam fcbarcelona.com bahwa, "Ketika anda anda mengalami kekalahan, anda harus terus meningkatkan performa karena jelas-jelas anda tidak sedang berada dalam performa terbaik. Untuk itu, anda perlu mawas diri, baik ketika menang atau kalah."

"Kami harus terus bekerja keras. Tidak ada jalan lain. kami berharap mendapat hasil positif untuk mengakhiri capaian kami yang kurang mengkilap belakangan ini." Musim lalu, Barca takluk 1-2 dari skuat tuan rumah. Ini yang membuat risau kubu Messi dan kawan-kawan.

Sementara itu, Ajax tampil lebih rileks. Pelatih Frank De Boer memahami bahwa Barcelona bukan lawan yang mudah dikalahkan, meski ia tiada henti menggenjot kepercayaan diri kepada anak asuhannya.

Ia berkata kepada harian De Telegraaf, "Kami perlu menjalin kerjasama apik antar lini dengan tampil kompak. Kami tidak boleh memberi mereka ruang gerak leluasa. Dua pekan lalu, kami benar-benar mewaspadai Barcelona. Menaruh hormat boleh saja, tetapi jangan sampai merasa takut. Karena itu, saya berharap dapat tampil dengan penuh semangat dan kepercayaan diri."

Komentar dua pelatih:

* Frank de Boer (Ajax):
"Anda harus bersiap menghadapi pertandingan yang sengit ini. Di laga kali lalu, pada babak pertama, kami benar-benar tidak mampu menjalin serangan dengan efektif. Jika anda ingin memberi perlawanan kepada tim sekaliber Barcelona, maka anda perlu menguasai bola. Anda harus menunjukkan hormat meski anda tidak perlu juga merasa takut."

"Saya beranggapan bahwa pertandingan ini sungguh sarat kesan bagi Luis Suarez dan tampil kali pertama di laga Liga Champions kembali di Arena. Para pemain saya seharusnya tidak merasa sedikit pun khawatir berhadapan dengan Messi, Suarez atau Neymar. Pertahanan kami begitu kokoh ketika melawan Barcelona."

Toh, kami mampu mengawal dan membayang-bayangi mereka, meski anda tentu paham bahwa mereka mampu meraih satu kesempatan. Mereka harus tampil berkualitas jika mereka tidak ingin tersingkir."

"Lihat dan tengoklah skuat kami. Rataan usia tim kami sekitar 22 sampai 28 tahun, meski mereka harus banyak belajar. Jika Barcelona mendapat keberuntungan hari ini maka kami mendapat ketidakberuntungan. Ada jurang kualitas yang begitu dalam di antara kami."

 
* Luis Enrique (Barcelona):
"Saya berharap Ajax tampil gagah berani, dengan penuh semangat. Saya menyaksikan pertandingan tahun lalu (di mana Ajax menang 2-1 melawan Barcelona di kandang sendiri). Hanya saja ada perbedaan setiap tahun, dan ada sejumlah pemain muda. Kami akan melawan Ajax  dengan taktik yang berbeda."

"Saya senantiasa ingin memotivasi klub ini. Sangat penting bahwa kami memperoleh kemenangan dalam laga kali ini. Para pemain sangat tenang meski menelan dua kekalahan di ajang Liga. Kami akan tampil menekan ketika melawan mereka besok."

"Saya tidak ingin mengubah gaya permainan Barcelona. Yang terpenting adalah hasilnya, karena saya ingin para pemain tampil dengan gayanya selama ini. Kami akan terus berusaha meningkatkan kemampuan para pemain. Saya telah melakukan analisis mengenai segala sesuatunya. Saya ingin mempertahankan gaya bermain yang selama ini memang telah ada di klub ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Ajax (4-3-3):
Cillessen (penjaga gawang); Van Rhijn, Veltman, Moisander, Boilesen; Klaassen, Serero, Riedewald; Schöne, Sigthórsson, El Ghazi.
Absen: Fischer (cedera hamstring)

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang); Alves, Mascherano, Piqué, Adriano/Alda; Busquets, Rakitić, Xavi; Luis Suárez, Messi, Neymar.
Absen: Iniesta (cedera paha), Mathieu (cedera paha), Sergio Roberto, Vermaelen.

Latar belakang laga:

* Luis Enrique dan Frank de Boer merupakan rekan satu tim di skuat Barcelona dari tahun 1999 sampai 2003. Dalam empat tahun itu, De Boer telah tampil dalam 144 laga dan meraih gelar Liga Spanyol pada 1999.

* Ketika menjadi juara Piala Belanda pada 2010, Suarez bermain dalam 110 laga membela Ajax di ajang Liga Belanda (2007 sampai 2011) dan ia mencetak 81 gol. Catatannya selama membela Ajax ketika tampil di ajang Liga Champions, termasuk babak penyisihan, bermain dalam 11 laga dan mencetak lima gol.

Data dan fakta:

* Barcelona menelan kekalahan dalam dua laga tandang di ajang Liga Champions. Mereka tidak pernah kalah dalam laga tandang sejak Maret 2005.
* Ajax tidak pernah menang dalam empat laga berturut-turut di ajang Liga Champions dengan capaian tiga kali imbang dan sekali kalah, dengan menjaringkan tiga gol.   
* Lionel Messi telah mencetak 10 gol dalam 10 laga terakhir di ajang Liga Champions.
* Pemain depan asal Argentina itu telah mencetak empat gol dalam dua laga melawan Ajax di Liga Champions.
* Lasse Schone telah mencetak tiga gol dari tujuh gol yang dikemas Ajax dalam Liga Champions.

Lima laga terakhir:
(W=menang; L=kalah; D=imbang)

* Ajax (W W W L D)
01/11/2014  Ajax   4 - 0  Dordrecht
28/10/2014  Urk   0 - 4  Ajax
25/10/2014 Ajax   3 - 1  Go Ahead Eagles
21/10/2014 Barcelona  3 - 1 Ajax
18/10/2014 Twente      1 - 1 Ajax

* Barcelona ( L L W W W)
01/11/2014  Barcelona  0 - 1 Real Club Celta de Vigo
25/10/2014  Real Madrid Club de Fútbol  3 - 1 Barcelona
21/10/2014  Barcelona  3 - 1  Ajax
18/10/2014  Barcelona  3 - 0  Eibar
04/10/2014  Rayo Vallecano 0 - 2 Barcelona

* Head To Head
 21/10/2014  Barcelona  3 - 1 Ajax
 26/11/2013  Ajax  2 - 1 Barcelona
18/09/2013   Barcelona 4 - 0 Ajax

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Ajax  0 - 4 Barcelona  (12 persen)
* Ajax  1 - 3 Barcelona  (11 persen)
* Ajax  1 - 2 Barcelona  (10 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Ajax: 1
* Barcelona: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014