London (ANTARA News) - Inggris siap mengirim tentara ke Irak untuk melatih pasukan lokal memerangi gerilyawan ISIS, kata surat kabar The Times, Rabu.

Kementerian Pertahanan Inggris menolak memberi komentar mengenai berita itu tetapi mengatakan satu pengumuman akan dikeluarkan.

Surat kabar itu melaporkan bahwa beberapa perwira akan bergabung dalam satu markas besar Amerika Serikat di Baghdad untuk melatih dan memberi nasihat kepada tentara Irak, dan tim-tim pelatih itu juga dapat dikirim ke daerah otonomi Kurdi.

Bulan lalu, Kementerian Pertahanan mengumumkan satu tim tentara sedang melatih para petempur Peshmerga (Pasukan) Kurdi menggunakan senapan-senapan mesin berat yang dipasok Inggris.

Jet-jet Tornado Angkatan Udara Kerajaan itu juga telah ikut serta dalam operasi pengeboman terhadap ISIS di Irak.

Akan tetapi, Perdana Menteri David Cameron mengesampingkan mengirim pasukan darat ke Irak, khawatir menimbulkan konflik baru enam bulan menjelang pemilu, demikian seperti diberitakan AFP.

Pasukan Inggris terakhir meninggalkan Irak tahun 2011, delapan tahun setelah invasi pimpinan Amerika Serikat yang telah menggulingkan presiden Saddam Husein.

(Uu.H-RN)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014