Surabaya (ANTARA News) - Mantan pebulu tangkis Pelatnas Sony Dwi Kuncoro meraih kemenangan mudah 21-9, 21-14 atas Erwin pada babak kedua kejuaraan Djarum Sirkuit Nasional Li Ning Jatim Open 2014 di GOR Sudirman Surabaya, Rabu sore.

Pemain unggulan teratas itu tampil dominan dan terus menekan lawannya sejak game pertama, kendati beberapa kali pada game kedua sempat sedikit mendapat perlawanan dari Erwin yang membela PB Pempek Farhan.

"Hari ini lawan masih belum terlalu berat, sehingga saya juga tidak terlalu bermain ngotot," ujar Sony yang sehari sebelumnya meraih kemenangan WO (walk over) atas Aryanto Haryadi.

Bertanding di kandang sendiri GOR Sudirman Surabaya, peraih medali perunggu Olimpiade 2004 itu bertekad ingin merebut gelar juara, setelah beberapa bulan lalu terdegradasi dari Pelatnas.

"Kesempatan untuk juara pasti ada dan yang pasti saya ingin meraih hasil lebih baik dibanding saat Sirnas Bali. Kalaupun nanti bertemu Alamsyah lagi, saya sangat ingin membalas kekalahan sebelumnya," tambahnya.

Pada Sirnas seri ke-7 di Bali, Sony Dwi Kuncoro dipaksa mengakui keunggulan Alamsyah Yunus dalam pertandingan dua game langsung dengan skor 12-21, 17-21.

Namun, sebelum bisa berjumpa dengan unggulan kedua Alamsyah di partai puncak, Sony masih harus melewati beberapa lawan lagi hingga babak semifinal, salah satunya Alvinda Saputra (PB Tangkas) di babak 16 besar, Kamis (6/11).

Jika bisa mengatasi Alvinda, mantan juara Asia itu berpeluang menghadapi mantan juniornya di Pelatnas Panji Akbar Sudrajat, kemudian Rivan Fauzin Ivanudin (Pelatnas) di semifinal.

"Lawan pemain pelatnas atau bukan, sekarang sama saja. Kualitas mereka semuanya merata, tinggal bagaimana mengatur strategi di lapangan," tambahnya.

Di pertandingan lainnya, Panji Akbar Sudrajat juga melaju ke babak 16 besar usai menang mudah 21-8, 21-7 atas Johannes Wahyudi (Surya Baja), sementara Rivan Fauzin menyingkir Noval Riyanto (Gemilang) 21-15, 21-16.

Dari nomor ganda campuran, pasangan Rendra Wijaya/Jenna Gozali (PB Djarum) tampil apik saat mengalahkan salah satu wakil Pelatnas Rafiddias Akhdan Nugroho/Zakia Ulfa dengan skor 22-20, 21-17.

"Game pertama mainnya sempat tegang, tapi selanjutnya bisa sedikit tenang. Kebetulan juga lawan banyak membuat kesalahan sendiri sehingga memberi keuntungan buat kita," kata Rendra usai pertandingan.

Pada babak kedua, Kamis (5/11), Rendra/Jenna akan menghadapi pasangan Christopher Rusdianto/Nadya Melati (Jaya Raya Suryanaga/Pertamina) yang melaju dengan mendapatkan "bye".

Pada nomor ganda campuran dewasa, Pelatnas Cipayung masih memiliki dua wakil yang akan berlaga di babak kedua, yakni Rian Swastedian/Febriani Endar Kusumawati yang akan melawan Tri Kushardjanto/Kesya Nurvita Hanadia, kemudian Hafiz Faizal/Shella Devi Aulia bertemu Christofel Karinda/Jessica Pertiwi.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014