Tidak cuma fisik, perempuan cantik harus punya "otak", jadi brain and beauty harus seimbang,"
Jakarta (ANTARA News) - Definisi cantik mempunyai berbagai versi dalam penilaian seseorang, tak terkecuali Anggun C Sasmi yang menilai cantik bukan hanya sebatas fisik, namun juga dikaitkan dengan intelektual seorang perempuan yang terpancar dari dalam.

"Tidak cuma fisik, perempuan cantik harus punya "otak", jadi brain and beauty harus seimbang," kata Anggun dalam acara Let's celebrate young modern Indonesia di Jakarta, Rabu malam.

Menurut penyanyi yang pernah menjadi juru bicara di PBB ini, perempuan secara penampilan dapat dengan mudah di make over, namun perempuan juga harus dapat mengeluarkan inner beauty.

"Bukan make up, karena bisa disulap, bisa make over, tapi dari dalam itu penting, makanlah sesuatu yang memberi nutrisi, beri nutrisi juga pada otak seperti dengerin semua yang positif, baca buku yang bagus-bagus, selalu pikir yang positif, dan itu nanti kelihatan, ini lho beauty," ujar Anggun.

Hal senada juga disampaikan oleh Raline Shah, Nicole Patricia, Angkie Yudistia dan Marischa Prudence yang turut hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Pantene tersebut. Mereka berpendapat bahwa definisi cantik itu bukan hanya dari luar tapi juga kuat dan cantik dari dalam.

"Perempuan cantik itu benar-benar harus brain, beauty and behavior. Sebagai individu semuanya harus diasah dari hari ke hari, positif thinking itu dari apa yang kita baca, kata inner beauty itu bukan hanya untuk membuat kita nyaman, tapi inner beauty is actually exist!," kata Raline Shah.

"Buat saya cantik itu datangnya dari dalam dan itu kelihatan sebagai seorang fotografer kalau saya foto perempuan yang cantik, tapi dia menutup diri, tetap saja saya tidak bisa meng-capture kecantikannya," Nicole Patricia, fotografer fashion.

Angkie Yudistia, seorang penulis dan founder dari Thisable Enterprise juga penyandang tunarungu, mengatakan bahwa perempuan yang cantik adalah perempuan yang berkarakter.

"Tidak hanya ikut-ikutan saja, tapi juga punya jati diri," katanya.

Sedangkan Marischa prudence, yang dulunya seorang jurnalis dan kini menjadi travel blogger, berharap perempuan Indonesia dapat lebih berani dan percaya diri dengan apapun yang ingin mereka raih.

Dalam kesempatan ini Anggun yang merupakan Brand Ambassador Pantene Indonesia juga mengingatkan bahwa perempuan adalah mahkluk yang spesial.

"Perempuan itu kuat sekali, ngurusin keluarga, masakan di rumah, gimana supaya rumahnya cantik dan bersih, gimana supaya anaknya sehat," katanya.

"Sebagai perempuan kita harus saling mendukung, saling support sesama perempuan, jangan lupa bahwa kita cantik, jangan lupa bahwa kita kuat, dan jangan pernah lupa bahwa kita itu makhluk yang spesial," tambahnya.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014